Seperti Inilah Ukuran Piston Kawasaki ZX25R

Mesin Kawasaki ZX25R

Masbroo motor 250 cc namun 4 silinder ? Tentu akan menjadi pertanyaan, seberapa ukuran mesin dari motor itu sendiri bukan ? Yap, saya daritadi sedang membicarakan Kawasaki ZX25R yang perilisannya membuat negeri ini ramai-ramai bersorak, nah penasaran seberapa ukuran piston di ZX25R ? Baca selengkapnya dalam artikel dibawah ini...

Kalau dari desain engine, Kawasaki ZX25R ini tidak memiliki ukuran mesin yang super besar. Melainkan Genk Ijo memberikan formula memadatkannya, ini jadi sebuah solusi untuk menaruh engine 4 silinder di sasis motor 250 cc.

Young Machine selaku majalah online otomotif Jepang, membeberkan ukuran dari Piston dan klep/katup/valve dari Kawasaki ZX25R. Hasilnya ? Banyak yang kaget, catatan untuk orang yang biasanya nonton piston mobil 😁. Kalau yang sudah sering megang piston motor ya bilangnya, "owallah..."

Formula Mesin Kawasaki ZX25R


Diameter piston adalah 50mm, katup IN (kiri) adalah 918.9mm, dan katup EX (kanan) adalah 15.9mm. Ukuran ini memang lebih kecil kalau dibandingkan dengan R25 yang memiliki piston 60 mm dan CBR250RR 62 mm.

Namun perlu dicatat masbroo, kedua motor hanya memiliki silinder yang lebih sedikit dengan ZX25R. Dan seperti diawal saya bilang, motor ini dibekali mesin yang diberi formula dipadatkan. Jadi wajar saja kalau ukurannya seperti milik Honda BeAt ataupun Yamaha Mio M3.

Piston Kawasaki ZX25R


Ukuran piston Kawasaki ZX25R sendiri digambarkan tidak lebih besar dari kunci kontak. Tapi kalau melihat beberapa orang menjajal motor ini, memang tarikannya luar biasa bisa bikin orang senyam-senyum sendiri di jalanan.

So masbroo, sekarang panjenengan tidak lagi penasaran dengan jeroan mesin Kawasaki ZX25R, so, bagaimana ekspresi panjenengan setelah melihat fakta diatas ? Kaget ? Atau halah, biasa wae Mas Bim ? 😁 semoga bermanfaat, salam ngegass.