Bagaimana Cara Bore Up Yamaha Lexi Menjadi 150 CC ?



Bimocorner-apakah bisa Yamaha Lexi 125 di bore up menjadi 150 cc ? Jawabannya adalah bisa, atau kalau mau berlebihan sedikit, sangat bisa.

Yamaha Lexi 125 bisa dibuat menjadi 150 cc dengan simpel, tidak perlu ubahan yang berat. Dan yang bagusnya, perubahan yang dilakukan murni menggunakan part asli Yamaha.


I. Spare Part Yang Perlu Diganti


Entah disengaja atau tidak oleh Yamaha Indonesia, si Lexi 125 ini memiliki cylinder (buring) dan piston (seker) yang sama dengan Nmax 150 (kode parts 2DP). Cuman, keduanya beda dalam diameter saja, dimana Nmax Old lebih besar diameter cylinder dan pistonnya jika dibanding Lexi.


Jadi part yang perlu temen-temen beli adalah Piston Yamaha Nmax Old dengan kode 2DP, kemudian cylinder Nmax Old kode 2DP juga. Dan paking atas dan bawah juga untuk Yamaha Nmax Old (2DP).

Karena kubikasi mesin tambah besar, maka injektor pun juga perlu di upgrade. Temen-temen bisa mengganti injektor bawaan Yamaha Lexi 125 dengan Aerox Old.

Karena kalau tidak diganti, Lexi yang selesai di bore up bisa mati-mati karena suplai bahan bakarnya kurang.


II. Biaya Yang Diperlukan


Sekarang, mari kita ambil kalkulator dan hitungan-hitungan biaya yang perlu dikeluarkan untuk mengupgrade Lexi kesayangan menjadi 150 cc.


- Harga Piston Dan Cylinder Nmax Old : (+-) 500.000

- Paking atas dan bawah : 50.000

- Injektor Aerox Old : 300.000

- Jasa Bongkar : 160.000


Kurang lebih, temen-temen perlu menggelontorkan uang sekitar Rp. 1,1 jutaan. Tapi itu bisa ditekan, semisal ada kenalan bengkel sehingga jasa lebih murah, atau spare part beli online yang mungkin lebih miring harganya.