Resiko Yang Mengintai Motor Jika Terlambat Ganti Oli


Bimocorner-selain bensin, oli merupakan salah satu cairan yang diperlukan oleh sebuah motor. Perbedannya adalah jika volume bensin bisa dicek secara kasat mata dan sederhana. Namun, kalau oli mesin, lokasinya lebih tersembunyi, dan kadang inilah yang seringkali disepelekan.

Padahal fungsi oli termasuk vital untuk motor. Termasuk beberapa resiko berikut ini, bisa mengancam usia motor jika terlambat untuk mengganti oli mesin.

1. Merusak Piston Dan Cylinder

Oli yang terlambat diganti, akan membuat pelumasan di liner cylinder tidak maksimal. Hal ini, dapat menyebabkan gesekan yang parah antara dinding cylinder dengan piston dan menyebabkan baret di kedua komponen tersebut.




Jika ini dibarkan, resiko terparahnya adalah piston akan macet. Dan mesin motor dipastikan akan mati total.

2. Merusak Cylinder Head

Selain piston dan cylinder, keterlambatan mengganti oli juga berpengaruh kepada seal klep di cylinder head yang bisa mengalami kerusakan. Tidak hanya seal klep, kondisi terparahnya bisa berdampak kepada noken as.


Dua permasalahan tadi, bisa dihindari dengan memperhatikan waktu pergantian oli mesin pada motor. Bisa menggunakan patokan kilometer ataupun tanggal. Ada yang pernah mengalami turun mesin karena terlambat ganti oli ?