Dapet SMS Chat-V ? Inilah Resiko dan Cara Mengatasinya

Contoh-sms-chat-v

Bimocorner-jujur saja, BC sebenarnya tidak begitu peduli kalau ada SMS yang tidak jelas masuk kotak masuk ponsel BC. Tidak mau ambil pusing lah masbro, sudah pasti SMS itu berbau kejahatan. Bahkan gilaaanya, mereka tahu nama depan BC.

Namun sebagai seorang blogger, tentu saja apa yang BC alami jangan sampai membuat jenengan para pembaca setia blog ini tercebur ke salah satu lubang kriminal digital satu ini. Sebelum membahas panjang-lebar, berikut ini adalah hasil Screen Shot SMS yang masuk ke ponsel BC.

Contoh-sms-chat-v

Apa sih sebenarnya SMS Chat-V ini ? Kenapa mereka juga tahu nama kita ? Dan tampaknya mengirimkan sebuah link yang aman untuk diakses. Tenang masbro, di era kejahatan digital seperti saat ini. Tipu-tipu muslihat para kriminal ini sudah begitu berkembang.

Salah satunya adalah SMS yang akan mengirimkan pesan kepada jenengan yang isinya ada link 'Chat-V' ini. Menurut laporan SAFEnet, aksi SMS Chat-V tersebut memang begitu rapih dan menarik untuk di klik. Tapi semua itu hanya tipuan belaka masbro, istilah kerennya sih fatamorgana.

Enggak bakal jenengan diarahkan ke aplikasi yang aman, malah sebaliknya. Jenengan bakal digiring untuk menginstal aplikasi jahat dari mereka yang nantinya secara tidak sadar akan mencuri data yang ada di ponsel.

Ngerii masbro, dat kita bisa terindeks oleh orang yang bahkan tidak pernah kita kenal. Inilah resiko dari SMS Chat-V, pokoknya untuk jenengan yang dapat SMS seperti SS BC diatas, wes ora perlu dibuka, langsung blokir aja.

Lha mas, aku sudah terlanjur membuka link Chat-V itu ? Gimana dong ?.

Nasi sudah menjadi bubur, jalan satu-satunya adalah dengan melakukan factory reset ponsel. Minimal untuk mengurangi resiko pencurian data di ponsel kita masbro.

Terakhir, menurut informasi yang didapatkan dari Kompas, aplikasi yang digunakan para pelaku memiliki sistem perintah (command) sistem operasi (OS) berbasis Linux "su". Perintah "su" ini biasanya digunakan untuk mengubah akses pengguna ketiga baru login atau masuk ke dalam aplikasi. Jadi tetap waspada ya masbro, ada yang punya cara untuk terhindar malware SMS Chat-V ini ? Kalau ada jenengan bisa tulis komen di kolom komentat yang masbro.