Menggunakan Ponsel Saat Petir Itu Aman Atau Tidak ? Berikut Ulasannya

Menggunakan-ponsel-saat-petir

Bimocorner-ponsel saat ini menjadi salah satu barang penting bagi umat manusia terutama bagi mereka yang hidup di perkotaan, karena ketergantungan manusia kepada ponsel. Seringkali membuat ponsel digunakan dalam kondisi apapun, termasuk badai, lalu sebenarnya aman atau tidak menggunakan ponsel saat badai ? Berikut ulasannya.

John Jensenius, salah seorang ahli dari NOAA National Weather Service menjelaskan tentang keresahan apa yang ada di lingkup masyarakat awam. Yakni menggunakan ponsel saat badai berlangsung.

"Orang-orang tersambar petir disebabkan mereka berada di tempat yang salah dan waktu yang salah. Tidak ada bahaya dari petir yang berhubungan langsung dengan telepon seluler," ujar Jensenius.


Menurut Jensenius, menggunakan ponsel saat badai aman dikarenakan tidak adanya sambungan langsung kepada listrik. Terkecuali, telpon rumah yang memang menggunakan listrik untuk sambungannya itu malah bahaya mas dan mbak bro. Serta melakukan pengisian baterai ponsel dengan stop kontak juga berbahaya karena bisa tersambar petir.

Menurut BC, dari informasi yang diberikan oleh Jensenius ini bisa disimpulkan "asal ponsel tidak tersambung secara langsung dengan listrik, maka ponsel aman untuk digunakan".


Namun sebaiknya penggunaan ponsel saat badai lebih baik dikurangi, karena menurut ilmu kesehatan, jika seseorang tersambar petir dan memberikan luka robek ditubuhnya, lalu ada ponsel yang menyentuh luka tersebut. Perilaku seperti ini bisa memperparah kondisi.

Sumber : Detik