Pemerintah Rancang Aturan Pembatasan Promosi Oleh Influencer

Dampak-influencer

Bimocorner-ramainya jagat sosial media membuat peluang untuk jadi artis dadakan juga semakin mudah, kita semua bisa menjadi seleberitis di dunia maya. Asal memiliki keunikan, bakat mah nomer kesekian­čśüyang penting heboh dulu...



Nama mereka sering disebut dengan selebgram, influencer dan lainnya. Nah, kehadiran influencer ini memang memberikan efek positif dan negatif masbro. Positifnya, Negara terbantu mengurangi tingkat kemiskinan. Namun negatifnya, tingkah polah beberapa influencer sering kali hanya didasari dari mata uang.

Darisinilah muncul beberapa hal yang merugikan masyarakat masbro, okelah beberapa influencer memang butuh endorsement untuk bertahan hidup. Namun jika apa yang dia promosikan malah menjerumuskan publik secara umum, tentu bisa jadi pidana dong.

Semakin menguatnya pengaruh influencer ternyata dibaca betul oleh pemerintah khususnya BPOM dan juga Kemenkominfo yang bakal membuat aturan untuk membatasi promosi yang dilakukan oleh influencer yang biasanya menyasar pengguna sosial media.

Menurut laporan CNN, ada kasus dimana obat-obat yang belum terdaftar dalam BPOM ternyata dipromosikan oleh para influencer. Dan akhirnya ? Ya konsumenlah yang menjadi korban masbro, gini deh. Ketika kita melihat sosok orang yang dikagumi, mungkin tidak kalau kita meniru gaya hidupnya ?.

Yes, you can do it. Memang tidak semua orang ya masbro, namun pengaruh influencer ini juga begitu besar kalau mereka bilang "Ini lho rahasia kulit putihku, aku sudah buktikan sendiri". Padahal apa ? Mereka sama sekali belum mengenal produk tersebut, siapa yang tahu kan masbro ?.

"Ke depan influencer itu kan makin luas cakupannya dan beragam. Kalau dibutuhkan dan dampaknya makin luas kami pertimbangkan untuk membuat aturan," kata Plt Kepala Biro Humas Kemenkominfo Ferdinandus seperti dikutip dari CNN Indonesia...

Kalau BC pribadi sangat setuju dengan diberlakukannya aturan untuk membatasi promosi dari para influencer. Agar tidak terjadi lagi, korban. Dan untuk para influencer, cobalah terlebih dahulu apa yang anda promosikan, kalau pancen baik dan bermanfaat baru deh di post di sosial media. BC yakin, kepercayaan publik kepada jenengan ora bakal luntur seperti cintaku kepadamu­čśé...


Last, rezeki sudah ada yang mengatur masbro. Kalau memang kejujuran itu bisa dilakukan, why not ? Ketimbang merugikan orang lain.