Mengenal Ridwan Hanif : Otomotif, Anti Riba, dan Sultan

Ridwan-Hanif

Bimocorner-masbroo siapa tidak mengenal nama Ridwan Hanif ? seorang Youtuber Otomotif yang sukses dengan dunianya. Dengan total 1,6 juta subscriber, sudah cukup membuktikan seberapa sukses sosok seorang pria berusia 29 tahun ini. Muda dan kaya, sebuah dua kata yang begitu menarik untuk dibahas...

Lulusan UI Jurusan Perpustakaan


Pria lulusan Universitas Indonesia (UI) jurusan Ilmu Perpustakaan ini memang menjadi salah satu pionir, bahwa lulusan tidaklah pembatas langkah. Mau jenengan lulusan apapun, tidak menutup pintu kesuksesan, asalkan tidak menutup diri dari passion. Ridwan Hanif memang semenjak kecil sudah mencintai dunia permesinan.

Hal ini seperti yang diungkapkan Ridwan dalam sebuah wawancara, dimana bapak dari Ridwan Hanif sering sekali membeli majalah otomotif. Hal ini membuat Ridwan kecil begitu tertarik, bahkan saking tertariknya, tidak jarang dia memotong-motong gambar mobil yang ada di majalah untuk dipajang di kamarnya.

Founder Autonetmagz


Langkahnya kian melaju, setelah mendirikan sebuah majalah otomotif online berlabel ‘Autonetmagz’. Pembawaannya yang independent memberikan kepercayaan tersendiri bagi para penikmat konten Autonetmagz. Ridwan Hanif memang dikenal salah satu Influencer Otomotif yang cukup idealis.

Autonetmagz

Dirinya tidak mau menerima sponsor dari para pabrikan, dan jika diminta untuk mereview produk. Maka itu murni penilaian Ridwan Hanif, bukan permintaan dari pemilik produk. Karena bagi Ridwan kepercayaan pemirsa lebih berarti ketimbang uang yang dikucurkan dari para pemilik produk.

Autonetmagz sekarang memiliki lebih dari satu juta subscriber di Youtube, dan jutaan pengunjung mendatangi situsnya. Sebuah usaha sederhana yang begitu sukses, dan berkembang menjadi beberapa perusahaan lain. Seperti, Autonetcare (sebuah layanan perawatan kendaraan / mobil), Autonet Rent Car (sebuah layanan sewa mobil).

FYI, menurut situs Noxinfluencer diketahui bahwa dari chanel Youtube Ridwan Hanif secara personal saja. saben bulan Ridwan bisa mendapatkan pemasukan Rp. 30 juta - Rp 100 juta masbro.

Bersahabat dengan kompetitor


Meskipun terbilang kompetitor,  (Motomobi TV dan Otodriver). Namun Ridwan Hanif malah mengajak mereka berdua untuk berkolaborasi, sebuah situasi yang jarang kita lihat di dunia per Youtube’an. Bagi Ridwan, mereka berdua tidak dipandang sebagai seorang kompetitor. Karena ketiganya sama-sama bekerja dalam dunia yang sama, dan  memiliki tujuan yang sama.

“Saya menganggap Om Mobi dan Om Fitra bukan sebagai seorang kompetitor, karena kami memiliki tujuan yang sama yakni memajukan dunia otomotif yang masih dipandang sebelah mata”. Kata Ridwan Hanif.

Promo Anti riba


Dengan kepopulerannya, Ridwan Hanif juga seringkali mempromosikan sebuah kegiatan untuk menghindari Riba kepada para pemirsanya. Apa yang dilakukan Ridwan Hanif sebenarnya bukan tanpa sebab masbro, karena penuturan dia, pengalaman lah yang membuatnya mempromosikan ajakan untuk menghindari riba.

Bahkan dalam video khusus, Ridwan pernah membagikan cara membeli mobil secara cash untuk meminimalisir ke arah riba. Sebuah konsep yang mungkin bisa jenengan contoh masbro.

Sultan (Memborong Mobil)


Ridwan begitu populer setelah aksinya memborong mobil di salah satu acara otomotif tahunan yang ada di Indonesia. Setiap mendatangi tempat camp pabrikan, Ridwan Hanif membeli satu mobil untuk oprasional di perusahaannya.

Namun sayang, video tersebut sudah di take down oleh Ridwan Hanif. Mungkin dirinya tidak mau videonya bakal menimbulkan sifat ria untuk dirinya, sebuah sifat yang wajib dimiliki oleh siapapun. Sosok yang benar-benar merendah.

Baca Juga : Bahas Om Mobi

Terakhir, kisah diatas bisa menjadi contoh untuk kita semua masbro. Usaha dan kerja keras dibarengi dengan kedekatakan dengan Sang Pencipta adalah kunci yang bisa membuat kita sukses untuk segala sesuatu. Semoga menginspirasi dan salam ngegass...