Mengintip Upgrade Mesin Rp 55 Juta Vespa Spesial 90 Milik Andre Taulany

Mengintip Upgrade Mesin Rp 55 Juta Vespa Spesial 90 Milik Andre Taulany

Masbroo namanya hobi itu memang tidak dapat disalahkan. Dan seperti sudah menjadi rahasia publik. Seorang Pelawak terkenal, Andre Taulany merupakan salah satu orang yang hobi mengoleksi baik itu motor maupun mobil dengan nilai history tinggi. Salah satu koleksinya adalah Vespa Spesial 90 dengan warna hijau hansip...

Menurut laporan Andre, Vespa kesayangannya ini sering ketinggalan saat konvoi dengan teman-temannya. Solusi yang diambil ia pun cukup menarik, yakni mengupgrade mesin Vespa Spesial 90 miliknya dengan menggandeng PT Scooter Victory Inter Part, selaku distributor resmi dari produk Polini dan Malossi. Serta mereka juga ndilalah memiliki bengkel scooter VIP yang terletak di Bekasi.

Andre pun langsung menantang Abdul Rosyid selaku kepala bengkel dari VIP, dan tantangan tersebut langsung diterima oleh Abdul dengan senang hati. Meskipun sejatinya VIP hanya fokus kepada Vespa keluaran terbaru, dan agar tidak mengecewakan, VIP mencoba mencari formula yang yahuut untuk Vespa Spesial 90 milik artis papan atas tanah air ini.

Vespa spesial 90


Kebetulan, blok mesin sudah menggunakan Malossi MK4 cast iron dengan diameter 57,5 mm. Sehingga pihak bengkel tinggal membersihkan dan juga membesarkan lubang transfer porting agar aliran bahan bakar bisa lancar. Sementara untuk Ring Piston dan Gasket harus diganti baru, kruk as menggunakan Polini tipe Evolution Pin 15 dengan stroke 52,8 full circle. Lalu untuk intake menggunakan direct intake Malossi ke blok, agar lebih maksimal lubang pengisapan bawaannya di bagian crankcase.

Untuk memaksimalkan pengapian agar pembakaran maksimal, beberapa komponen seperti CDI, Magnet, Rotor dan spool menggunakan Polini Analog Cone 20. Tidak sampai disana, pada bagian knalpot, Vespa Spesial 90 milik Andre dibekali dengan Polini Evolution 2 dengan leher yang cukup besar.

Vespa spesial 90


Mereka khusus modifikasi dan upgrade mesin Vespa moderen, untuk Vespa klasik hanya jual part saja tapi tidak menerima pengerjaan, akhirnya saya tantang mereka untuk memodifikasi Vespa milik saya” kata Andre Taulany seperti dikutip dari Kompas.

Jawaban KMI Tentang Kapan ZX25R Rilis Secara Resmi di Indonesia

So masbro, dengan segala spek spesial yang ditanamkan, Rosyid mengungkapkan bahwa total biaya yang dikeluarkan Andre sekitar Rp. 55 juta, dan bisa bertambah kalau pelawak terkenal tersebut masih belum puas dengan performa Vespa kesayangannya. Wah, kalau menurut panjenengan gimana nih masbro ? ada yang punya pengalaman lebih gila saat memodifikasi Vespa kesayangannya ? tulis dikolom komentar ya, salam ngegas.