Fitur Penghemat Daya Dari Chrome Sedang Diuji, Ini Yang Ditunggu !

Fitur Penghemat Daya Dari Chrome Sedang Diuji

Masbroo kali ini topik yang akan saya bahas adalah soal browser rancangan Google yakni Chrome yang kabarnya tengah menggarap fitur penghemat daya. Seperti sudah menjadi rahasia umum, orang-orang mungkin sering jengkel dengan Chrome yang dianggap begitu beringas menyedot daya baterai gadget. Pengalaman saya secara pribadi, seringkali mendapati sebuah pemberitahuan bahwa browser berlogo bola warna-warni ini menjadi salah satu penyumbang penguras baterai terbesar di ponsel…

Diluar monopoli Google yang memasang Chrome di android, namun sejatinya browser yang diciptakan oleh CEO Google saat ini, Sundar Pichai ini memang cukup ciamik dalam hal performa. Setidaknya, sebelum browser tandingan memberikan pekayanan serupa ya masbroo. Dulu, sekitar tahun 2010-an, browser tidak seramah saat ini. Berat banget lah pokoknya, Mozila sekalipun menurut saya bukan sebuah browser yang ramah terhadap gadget pada zaman itu.

Namun seiring waktu berjalan, banyak sekali browser yang sudah memperbaiki diri, mulai dari performa, dan juga efek yang ditimbulkan kepada pengguna yang minim. Disinilah nilai ‘kompetisi’ dimulai masbro, Chrome harus segera berubah dari image sebagai browser penyedot daya, kalau tidak ingin pengguna pada lari ke lain hati.

Nah melalui The Windows Club, ditemukan sebuah dokumen internal dimana Google tengah menggarap project Chrome versi 86 yang masih berstatus beta. Ada salah satu fitur yang cukup menyedot perhatian masa nih masbro, yakni meningkatkan daya tahan laptop hingga hampir 2 jam (28% peningkatan). Hal ini bisa terjadi setelah Google ‘kabarnya’ menyederhanakan prinsip kerja java di Chrome, jadi membuat browser andalannya bisa lebih efisien dalam penggunaan daya baterai.

Baca Juga :


So masbroo, apakah langkah Google ini bakalan efektif untuk mempertahankan loyalitas konsumen, bisa jadi sih iya. Tinggal nunggu eksekusinya saja sih, percuma dong kalau digarap secara asal-asalan yang malah nantinya performa Chrome bakal nelangsa saat digunakan, kalau menurut panjenengan gimana ?...