Cara Mengetahui Kampas Kopling Sudah Waktunya Diganti, Mudah dan Simpel

vespa klasik

Masbroo Vespa adalah salah satu motor unik di dunia, saat yang lain mengganti gigi perseneleng lewat kaki. Vespa menggunakan tangan pengendara untuk melakukannya, inilah yang menjadi motor asal Italia tersebut menjadi salah satu produk sepanjang masa…

Dari jaman kakek-nenek kita, sampai kita punya anak pun Vespa masih bergema namanya di seluruh penjuru bumi. Karena termasuk salah satu motor yang doyan untuk gonta-ganti gigi percepatan, sering kali pengguna Vespa lupa untuk melakukan pergantian kampas kopling yang menjadi daya tahan kecepatan suatu motor.

Kehabisan kampas kopling sering sekali dialami para pengendara baru Vespa, mereka belum mengerti kapan waktunya kampas kopling Vespa mereka diganti. Nah pada artikel ini, saya ingin berbagi beberapa cara untuk mengetahui kapan kampas kopling Vespa sudah waktunya diganti.

Vespa Kehilangan Tenaga


Seperti saya sebutkan diatas, kampas kopling adalah salah satu sumber tenaga di sepeda motor maupun skuter. Jika panjenengan sudah merasakan tenaga di Vespa kok melemah, tidak seperti biasanya. Itu bisa jadi salah satu tanda kampas kopling sudah minta ganti masbroo.

Susah di Stater Kaki


Bukan rahasia kalau Vespa klasik identik dengan senam kaki saat menyalakannya, namun perlu diwaspadai masbroo kalau panjenengan merasakan susahnya menghidupkan mesin si Vespa. Bisa-bisa ternyata kampas kopling panjenengan habis ?.

Sulit Netral


Selain fungsi sebagai tenaga motor, kampas kopling juga berfungsi sebagai salah satu part untuk melakukan perpindahan gigi perseneleng. Hal ini mengharuskan kampas kopling bekerja keras untuk melakukan tugasnya. Nah, salah satu cara mengetahui kampas kopling sudah habis adalah dengan memperhatikan apakah motor Vespa panjenengan susah di netralkan atau tidak.

kampas kopling vespa


Bisa jadi, susah netral adalah dikarenakan kampas kopling yang mulai menipis bahkan habis, jadi kalau sudah mengalami susah netral langsung-langsung deh bawa ke bengkel terdekat untuk mengecek kondisi kampas kopling Vespa kesayangan.

Itulah tiga cara untuk mengetahui kampas copling di Vespa masih atau sudah habis, kalau panjenengan memiliki cerita sendiri untuk mengetahui usia kampas kopling ? silahkan tulis dikolom komentar ya, salam ngegass…