Modifikasi 2 Silinder Yamaha Nmax, Lebih Gedhe Ketimbang Xmax...

Modifikasi 2 Silinder Yamaha Nmax

Masbroo kalau bicara soal modifikasi fisik Yamaha Nmax, mungkin listnya sudah seabrek alias banyak banget. Tapi kalau bicara modifikasi mesin Yamaha Nmax dari 1 silinder menjadi 2 silinder ? Ini yang bakalan seru untuk dibahas masbroo...

Oji Motor 2 Silinder (OM2S) adalah bengkel dibalik project 2 silinder Yamaha Nmax. Bengkel yang berlokasi di Cipondoh, Kota Tangerang ini sendiri memang menjadi spesialis modifikasi mesin motor, namanya saja sudah ada embel-embel 2 silinder.

Uniknya masbroo, meskipun sudah memiliki pengalaman untuk mengoprek mesin motor satu silinder menjadi 2 silinder. Namun OM2S memiliki fakta bahwa project untuk Yamaha Nmax ini adalah yang pertama mereka lakukan.

"Yang NMax ini projek pertama kita, dan sepertinya jadi yang pertama, bahkan di dunia," kata Rizki Fauzi (Oji) owner bengkel OM2S seperti dikutip dari Kumparan.

Satu hak yang menjadikan OM2S ini menarik atau memiliki nilai jual lebih adalah mereka memberikan pilihan kepada owner motor untuk memilih model mesinnya, apakah In-Line, V-Twin, atau L-Twin. Namun untuk Yamaha Nmax saat ini, ownernya memilih model In-Line.

Dengan merombak mesin yang sebelumnya satu pengapian menjadi dua pengapian. Maka akan ada perombakan pada koil yang sebelumnya hanya butuh satu, kini harus dijadikan dua. Dan juga perubahan juga terjadi pada pulser yang juga dari sebelumnya hanya satu menjadi dua.

Uniknya, untuk ECU sendiri saya pikir akan ada perubahan. Tapi OM2S masih menggunakan ECU lawas bawaan Yamaha Nmax, ini menarik sih masbroo karena berarti modifikasi ini tidak begitu banyak mengubah sistem komputer di motor.

Karena sudah dijadikan dua silinder, maka CC mesin Yamaha Nmax kini menjadi 310. Sayangnya, belum ada bocoran power dan torsi saat diuji di Dyno. Tapi kalau menurut Mas Oji, sesuai pengalamannya merombak motor satu silinder menjadi dua silinder. Power dan torsinya bakal bertambah 85 persen dari mesin sebelumnya.

Ini artinya, Yamaha Xmax bakalan di K.O kalau ketemu dijalan. Ngeriiii....dan ketika diuji oleh awak media pun, saat stater motor begitu mudah dinyalakan, dengan suara mesin yang benar-benar menggelegar layaknya motor bermesin 3 silinder bahkan.

Lalu bagaimana dengan perawatannya ? Meskipun sudah memiliki mesin 2 silinder, menurut Mas Oji tidak ada perawatan khusus. Service seperti biasanya saja, namun yang beda adalah pada kapasitas oli. Tentu dong tidak lagi 900 ml, karena sudah memiliki dua mesin, maka kapasitas olinya juga bertambah.

So masbroo, Bengkel OM2S sendiri akan memberikan garansi 1 tahun untuk project Yamaha Nmax 2 silinder ini. Dan mereka juga pun akan melakukan cek kinerja mesin beberapa waktu kedepan untuk memastikan performa stabil atau tidak, salam ngegass.