Yamaha R25 Dengan 4 Silinder Akan Dirilis Tahun 2021, Benarkah ?

Yamaha R25 Dengan 4 Silinder Akan Dirilis Tahun 2021


Masbroo malam adalah waktu yang tepat untuk mencari bahan berita, nah kemarin saya mendapatkan sebuah berita yang menarik karena bersinggungan dengan isu Yamaha R25 dalam mesin 4 silinder...

Kabar ini saya baca via Blog dari Mas Iwan Banaran. Dalam tulisannya, Mas IWB memberikan pengakuan dari salah satu pembacanya. Bahwa ada kabar dari internal Yamaha yang melihat sosok prototype dari R25 dengan engine 4 silinder.

"Ini sudah menyebar di grup wa para internal Yamaha," kata dari sumber yang dirahasiakan identitasnya. Bahkan, dalam video tersebut (belum ada bukti otentiknya) Prototype Yamaha R25 sudah dinyalakan.

Kesaksian ini tentu bisa kita simpan dulu, namun biarkan saya mencoba menjelaskan protokol sebuah pabrikan. Karena meskipun tinggal di wilayah Jawa Tengah yang jauh dari hiruk pikuk pabrik otomotif di Jakarta.

Tapi setidaknya, saya pernah berkunjung ke salah satu pabrik motor di Indonesia. Dan aturan disana benar-benar ketat, pengunjung wajib meletakan ponsel, kamera dan sebagainya sebelum masuk pabrik. Dan ada alat pemeriksa yang bisa mendeteksi apakah ada barang perekam di tubuh.

Ini jelas diluar nalar saya pribadi, bagaimana mungkin sebuah prototype calon motor baru bisa bocor (meskipun hanya pihak internal) ? Tentu akan sulit mencernanya masbroo.

Dan kalau saya buka-buka artikel lama, yang ada kesaksian Yamaha hanya akan merilis R25 dengan 2 silinder yang disempurnakan. Bukan 4 silinder, ini dikarenakan survey internal yang menilai kalau mesin 250 cc dengan 4 silinder bakal memakan biaya produksi yang tidak sedikit.

Yamaha tentu bisa mengikuti langkah AHM yang merilis Honda CBR250RR SP QS. Dengan menyempurnakan mesin 2 silindernya agar power maksimum bisa lebih besar dari sebelumnya.

So masbroo, semua masih belum pasti, karena memang tembok rahasia pabrikan tentu tidak akan mudah untuk ditembus. Jikapun bisa, mungkin hanya lubang kecil saja, dan sukar untuk memastikak ke valid an informasi yang hanya secuil, semoga bermanfaat dan salam ngegass.