Apa Beda Piaggio Dan Vespa ?


Masbroo apa beda Piaggio dengan Vespa ? Sudah tahu ? Atau malah belum ? Nah, pada artikel kali ini. Bakalan mencoba menjabarkan pertanyaan diatas, yang sering bikin pusing karena membingungkan...

Kemarin, saya sedang menikmati salah satu video dari Youtuber Motovlog favorit, yakni Mblo Rizki. Nah, si Mas Rizki ini dalam videonya berminat untuk meminang Vespa Matic untuk calon istrinya kelak.

Namun, ada salah satu pertanyaan yang unik datang dari kebingungan Mblo Rizki. Yakni mengenai apa beda Piaggio dan Vespa ? Dua nama yang rasanya kok selalu bersama disetiap waktu dan tempat pameran maupun dealer.

Kasus ini sebetulnya mirip dengan kasus Ninja dan Kawasaki, untuk beberapa orang yang cukup awam dengan dunia roda dua. Maka seringkali menilai motor sport full fairing adalah Ninja, padahal sebetulnya produk motor sport full fairing tidak hanya Ninja.

Ada Honda dengan CBR nya, Yamaha dengan R-seriesnya, dan GSX-R milik Suzuli yang juga berkonsep sport full fairing. Kasus ini mirip dengan Vespa dan Piaggio, jadi gini masbroo, biar tidak salah tafsir lagi.

Piaggio adalah kedudukannya sama dengan Kawasaki, yakni sebagai pabrikan atau perusahaan yang merilis sebuah produk untuk dipasarkan secara umum ke market. Sementara Vespa kedudukannya sama dengan Ninja, yakni sebagai produk yang dibuat oleh pabrikan.

Karena brand dari Ninja dan juga Vespa cukup kuat, maka masyarakat sering memukul rata kalau matic dengan body kanan-kiri melembung itu ya Vespa. Padahal sebetulnya ada satu pabrikan lagi yang membuat dengan konsep mirip, yakni Lambretta.


Dan Lambretta ini tidak menggunakan nama Vespa untuk produk mereka, namun tetap saja, beberapa orang kalau melihat dijalan ya bakal disebut Vespa. Jadi, sebetulnya Vespa dan Piaggio ini beda namun tetap satu kesatuan yang tidak bakal bisa dipisahkan.

Lha wong namanya juga pabrikan dan produk, nah setelah membaca artikel ini, semoga saja bisa sedikit tercerahkan ya masbroo. Namun, kalau ada diantara temen-temen ada yang mau nambahin atau tanya-tanya bisa tuliskan di kolom komentar.