Honda Supra GTR 150 Ini Bermesin CBR250RR


Masbroo salah satu bikers asal Vietnam, berhasil merubah Honda Supra GTR 150 dengan mesin CBR 250 RR. Secara nalar, ini sukar untuk dilakukan, mengingat ukuran engine dari mesin 150 dan 250 jelas berbeda jauh masbroo, lalu bagaimana Le Hoang Duy Tuan mengakalinya ?...

Modifikasi engine ini bukan lah modifikasi yang dilakukan dengan cara mengoprek mesin Supra GTR 150 agar bisa menjadi berkubikasi 250 cc. Lebih ekstream, karena Le Hoang Duy Tuan melakukan cangkok mesin dari Honda CBR 250 RR ke body Supra GTR 150.


Kesannya sepele, namun kalau sudah menjalaninya masbroo. Tentu bakal ada beberapa masalah, salah satunya adalah ukuran penopang engine Supra GTR 150 yang jelas tidak akan bisa begitu saja menopang mesin berukuran 250 cc.

Hal ini harus diakali dengan pengubahan pada bagian sasis, dengan memperkuatnya dan melakukan modifikasi agar mesin 250 cc bisa cukup untuk space di Supra GTR 150 tanpa merubah secara full desain motor itu sendiri.

Disisi lain, masalah yang juga bisa terjadi adalah overheat alias panas berlebih pada mesin. Mesin 250 cc memiliki panas berlebih, hal ini harus diakali dengan mengganti radiator dengan Cardinals untuk Sonic yang ukurannya dicari paling besar.

Tidak kalah penting, Le Hoang Duy Tuan juga merombak kaki-kaki Supra GTR 150. Pelek depan belakang pakai RCB palang enam. Pengereman ditopang punya Brembo dengan selang rem kompetisi menjadi pilihan.


Suspensi juga diganti dengan merek aftermarket Nitron R3, dan knalpot juga diubah menjadi DBS. Mungkin merek ini kurang didengar di biker tanah air, namun sangat terkenal di Vietnam.

So masbroo, sayangnya si empunya tidak membuka berapa biaya yang dikeluarkan untuk ini semua. Yang jelas, untuk mesin saja, kalau saya cek di online harganya hampir Rp. 10 juta. Gimana minat untuk merombak motor panjenengan ?.