Penyebab Stang Piston Kendaraan Bengkok, Jangan Disepelekan

Piston Bengkok


Bimocorner-masbroo Stang Piston bengkok adalah salah satu penyakit pada kendaraan bermotor. Baik itu, mobil ataupun sepeda motor.

Biasanya efek yang terjadi adalah bunyi kasar pada mesin karena posisi Stang Piston yang bengkok akan membuat gesekan dengan dinding cylinder.

Jika diteruskan, maka bisa jadi stang piston akan patah dan mengakibatkan kerusakan yang merembet ke part-part lainnya. Nah sekarang pertanyaannya adalah kenapa stang piston dapat bengkok ? Apa penyebabnya ?.

Kalau menurut pengalaman yang saya dapatkan selama berkumpul dengan para mekanik, ada 2 penyebab yang paling sering menjadi tersangka atas kondisi stang piston bengkok.

1. Water Hammer 

Salah satu penyebab yang sering terjadi adalah Water Hamer. Makanan jenis apa ini ? Hehehe...ini bukan tipe makanan atau senjata seorang pahlawan super masbroo.

Melainkan sebuah perilaku tidak normal didalam mesin, dimana Piston memompa sebuah air yang sejatinya tidak akan terbakar dan memiliki massa yang berat ketimbang bahan bakar seperti bensin.

Karena dipaksa memompa bahan yang sangat berat, membuat Stang Piston akhirnya sedikit demi sedikit bengkok atau bahkan bisa juga patah. Dan Water Hammer sering sekali terjadi pada motor yang dipaksa untuk terabas banjir.

Banjir


Jadi buat masbroo yang doyan nerjang banjir, sebaiknya dipikirkan baik-baik. Ketimbang nanti sudah kejadian seperti Stang Piston Bengkok, malah akan keluar duit lebih besar.

2. Overheat Pada Mesin

Overheat alias panas berlebih pada mesin, bisa menjadi sebab kedua dari Stang Piston bengkok. Suhu yang sangat panas akan membuat stang piston menjadi memuai, sehingga menimbulkan efek melengkung dalam jangka waktu tertentu.

Overheat sendiri terjadi karena beberapa faktor, misal pernah kehabisan oli, atau oli mesin yang kurang, faktor lain seperti kehabisan air radiator, kekurangan air radiator. Bisa menjadi sebab-sebab overheat.

Nah itulah 2 hal yang sering sekali menjadi penyebab Stang Piston bengkok pada kendaraan bermotor, mungkin masbroo ada yang pernah mengalami ? Bisa sekali di share ke kolom komentar ceritanya.

Baca Juga : 3 Penyebab Aki Motor Sering Tekor

Oke segini dulu tulisan kali ini, sudah cukup panjang juga. Jari-jari juga sudah mulai keriting hehe, semoga bermanfaat.