Respon Piaggio Tentang Vespa Kloningan Dari Pabrikan Asal Tiongkok

Vespa 946 versi tiongkok


Bimocorner-mazbroo kalau kalian mengikuti blog ini, saya pernah menuliskan salah satu artikel tentang Vespa 946 yang terkena aksi plagiarisme cukup banyak dari pabrikan asal Tiongkok.

Bahkan Motosaigon yang pertama kali memberitakan kabar ini mengakui kemiripannya hampir 90 persen. Ini artinya tidak hanya mirip saja, namun sudah identik.

Lalu apakah respon dari Piaggio Indonesia ? Mengingat ada aturan bahwa produk masih diberikan maaf jika persentase kemiripan tidak melebihi beberapa persen. Nah, pada kasus ini kan secara kasat mata sudah terlihat begitu mirip.

Roby Gozal, PR and Communication Manager PT Piaggio Indonesia (PID) pun memberikan tanggapannya terkait kasus kemiripan produk. "Jujur saya belum lihat dan belum dapat beritanya, jadi saya enggak bisa berkomentar banyak," kata Robby seperti dikutip via Otomotif.

"Setiap tingkat kemiripan produk itu ada minimal berapa persennya, kalau menyerupai sampai sekian persen bisa diusut,"...

Aksi jiplak-menjiplak produk tentu tidak diperkenankan, namun sayangnya masih banyak masyarakat yang menganggap hal ini biasa saja. Malah mereka mengatakan, "ketimbang disini, tidak bisa membuat apa-apa"....

Perkataan ini benar-benar tidak masuk akal, sebuah aksi perkloningan adalah pembunuhan ide-ide yang nantinya akan membuat pabrikan besar menjadi malas meluncurkan produk baru.


Saya juga menemui sebuah komentar, " enggak papa, toh yang penting murah hahah," tunggu dulu deh. Ada sebuah kata mutiara dalam berdagang, yakni ada uang adapula rupa...

Yawes itu saja yang saya sampaikan, semoga kasus ini segera berakhir. Dan tidak adaagi kasus duplikat lainnya