Yamaha, Honda, KTM dan Piaggio Teken Kontrak Kerja Sama Baterai Sepeda Motor Listrik

Motor listrik ktm


Bimocorner-sepeda motor bertenaga terbarukan, yakni listrik. Memang menjadi salah satu trend yang terus digalakan diberbagai negara termasuk tanah air, para pabrikan sepeda motor bertenaga fosil pun sudah mulai melirik motor listrik...

Mulai dari Honda, KTM, Yamaha hingga Piaggio sudah mencoba menghadirkan produk motor listrik andalan mereka. Bahkan keempat pabrikan sudah melakukan Konsorsium untuk baterai.

Apa Itu Konsorsium ?

Konsorsium adalah pembiayaan bersama suatu proyek atau perusahaan yang dilakukan oleh dua atau lebih bank atau lembaga keuangan. Istilah mudahnya adalah keempat pabrikan yang disebut diatas, yakni Honda, KTM, Yamaha dan juga Piaggio. Sama-sama melakukan proyek baterai untuk motor listrik.


Dengan daya pikir yang dibagi menjadi 4 kutub, dan juga kalau membicarakan masalah biaya proyek yang pasti besar. Ditanggung 4 perusahaan tentu akan lebih efisien ketimbang, satu pabrikan menggelar satu penelitian sendiri.

Kesepakatan Swappable Batteries 

Keempat pabrikan menyepakati sebuah perjanjian yang dapat dikatakan begitu penting untuk masa depan motor listrik, dimana dalam kesepakatan tersebut. KTM, Honda, Yamaha dan Piaggio akan membuat baterai yang dapat ditukar.


Jadi nantinya, desain dan juga spesifikasi baterai dari keempat pabrikan memiliki kesamaan. Artinya, jika temen-temen punya motor listrik KTM, dan kehabisan baterai maka bisa menggunakan milik Yamaha, Honda dan juga Piaggio.

Begitupun sebaliknya, ini akan sangat menarik untuk yang memiliki minat ke motor listrik. Karena, akan dimudahkan untuk mengganti baterai ketika kehabisan dijalan.

Apalagi para pabrikan setuju untuk mencoba regulasi baterai habis ganti dengan yang baru, sehingga akan menambah efisiensi waktu dan biaya untuk perawatan baterai itu sendiri.

Baca Juga : Aksi Gila Pabrikan Tiongkok Mengkloning Yamaha R6 Seharga Rp. 50 Juta

Terakhir, langkah Konsorsium dari keempat pabrikan ini memberikan peluang untuk mobilitas pengguna motor listrik lebih terjamin. Dan kabar baiknya, regulasi ini akan coba diterapkan dengan standar internasional, jadi tidak hanya untuk wilayah Eropa saja, atau Asia saja. Namun semua wilayah negara.