Cara Mengecek Kerusakan Indikator Bensin Sepeda Motor


Bimocorner-mazbroo indikator bahan bakar menjadi salah satu fitur yang sangat bermanfaat bagi setiap sepeda motor. Bikers tidak perlu lagi membuka jok kendaraan hanya untuk mengecek persediaan bensin dalam tangki.

Dengan melihat indikator bahan bakar yang ada di panel speedometer, bikers sudah mengetahui berapa sisa bensin yang ada. Nah, kalau indikator itu tidak bekerja alias rusak, bagaimana cara mengetahuinya ?.

Dalam artikel ini, kita akan belajar bersama tentang cara mengetahui kerusakan yang terjadi di indikator bahan bakar. Ada tiga kemungkinan kenapa indikator bensin tidak menyala.

Pertama adalah aki yang tekor atau sudah tidak memiliki arus yang cukup untuk menggerakan indikator, lalu faktor kedua adalah kerusakan pada pelampung bahan bakar, dan ketiga ada pada kerusakan sensor atau soket yang bisa juga merembet ke speedometernya.

Cara Mengecek Kerusakan Indikator Bensin

Jika masalah terjadi pada aki maka caranya adalah dengan mengecek tegangan aki, apakah aki masih aman atau memang sudah waktunya pengecesan ulang. Secara standar, aki normal memiliki tegangan minimal 12 volt, jika dibawah itu maka harus di lakukan pengecesan.

Namun jika tegangan ternyata sangat rendah, maka aki wajib diganti dengan yang baru.

Kalau masalah yang terjadi terdapat di pelampung bensin, maka caranya adalah dengan mengeluarkan pelampung dari tangki. Kemudian, cek dengan naik dan turun pelampung, jika jarum bensin di speedometer naik, maka pelampung normal.

Namun perlu dicatat jika ternyata setelah pengecekan (sensor atau soket) semua normal, bisa jadi pelampung memang sudah mulai tidak bekerja normal. Bisa diganti atau dengan mengikatnya menggunakan dua sampai tiga helai kabel.


Dan terakhir, jika kerusakan terjadi pada soket atau sensor, kita bisa melakukan pelepasan soket atau sensor dan kemudian menghubungkan arus dan massa di soket dengan kabel (bisa dilihat digambar).


Jika ternyata jarum masih tidak mau naik, maka kerusakan bisa terjadi pada soket atau sensor atau pun bisa juga di speedometer assynya.

Nah mungkin video dibawah ini bisa sedikit membantu jenengan untuk melakukan test, jika ada pertanyaan bisa silahkan di share di kolom komentar, selamat mencoba dan semoga berhasil.