Remaps ECU Sepeda Motor : Pengertian, Cara Kerja dan Manfaatnya

Remaps Ecu Motor


Bimocorner-mazbroo ada banyak cara untuk kendaraan bisa melaju kencang dari standar pabrik. Entah itu dilakukan upgrade pada komponen partnya, hingga meremaps ecu dari motor itu sendiri.

Sebentar, ada yang tahu dengan istilah remaps ecu ? Kalau belum pernah, maka dalam artikel ini, kita bakal belajar bersama-sama tentang remaps ecu. Mulai dari pengertian, cara kerjanya dan juga manfaat yang bisa didapatkan.

Pengertian Remaps Ecu Sepeda Motor

Remaps Ecu sendiri adalah sebuah cara untuk melakukan mapping ulang pada ecu sepeda motor. Atau dapat dikatakan, remaps ecu adalah sebuah sistem dimana ecu akan di setting ulang dengan program baru, sehingga cara kerjanya akan berbeda.

Cara Kerja Remaps Ecu Sepeda Motor

Ecu pada sepeda motor memiliki data-data yang sudah disetting, sehingga jika sensor melaporkan data a  ke ecu maka ecu akan melanjutkan ke aktuator yang akan merespon laporan dari ecu.

Nah remaps ecu sendiri adalah mengolah ulang map atau perintah yang ada di ecu sesuai kebutuhan. Rata-rata remaps ecu itu mengubah settingan limitter dari ecu.


Kita ketahui bersama bahwa pabrikan melakukan limitter kepada setiap produknya, fungsinya selain safety, aturan yang berlaku, tentu juga untuk mengurangi emisi gas buang dan juga boros bahan bakar.

Dengan meremaps, akan dirubah semua aturan itu sesuai dengan selera kita. Namun perlu dicatat, bahwa terlalu memaksakan kinerja mesin hingga batas yang sangat tinggi akan menyebabkan mesin jebol.

Maka biasanya bengkel remaps sudah memiliki aturan tersendiri soal remaps ecu, tidak sembarangan mereka melakukannya. Apalagi sampai batas maksimal, rata-rata sudah memperingatkan sejak awal mazbroo.

Manfaat Remaps Ecu

Manfaat dari remaps ecu pada sepeda motor adalah meningkatkan horse power, menambah limitter, sehingga nafas akan lebih panjang ketika kecepatan tinggi.

Baca Juga : Penyebab Stang Piston Kendaraan Bengkok, Jangan Disepelekan

Kalau mazbroo ingin melakukan remaps ecu, saya memiliki rekomendasi bengkel remaps ecu untuk wilayah Semarang dan juga sekitarnya. Silahkan bisa kontak ke nomer WA dibawah ini : https://wa.me/6285878613480 .

Untuk harga sendiri, dari mulai Rp. 300.000 sampai Rp. 1 juta rupiah, tergantung dari merek motor dan juga kapasitas mesinnya. Ada yang pernah punya pengalaman meremaps ecu pada sepeda motor ?.