Royal Enfield Meteor 350 Memiliki Mesin Yang Tidak Lagi Getar, Apa Penyebabnya ?

Royal Enfield Meteor 350


Bimocorner-pada akhir Maret kemarin, Royal Enfield meluncurkan produk baru berlabel Meteor 350. Motor ini sendiri sudah menggunakan mesin baru yang diklaim anti geter-geter.

Secara umum, motor berkapasitas besar dan memiliki karakter seperti Royal Enfield ini, tentu akan memiliki engine yang getarannya lumayan bikin tubuh membakar lemak saat dijalan.

Namun Royal Enfield melakukan say goodbye kepada getaran untuk Meteor 350, dimana motor berkarakter cruiser dan klasik ini sudah dibekali poros penyeimbang (balancer shaft) di dalam mesin.


Mark Wells, selaku Global Product Strategy & Industrial Design Royal Enfield mengakui penggunaan Balancer Shaft mampu mengurangi getaran di mesin berkapasitas gedhe.

"Mesin dari Meteor 350 sudah menggunakan balancer shaft. Jadi ketika misalnya melakukan manuver, atau melakukan putaran gas, getarannya sangat tidak terasa. Ini adalah mesin yang sudah menjalani upgrade dari mesin-mesin Royal Enfield sebelumnya,"  kata Mark Wells seperti dikutip via detik.


Royal Enfield Meteor 350 ini tidak dirancang secara main-main, yang penting jadi. Bukan seperti itu mazbroo, karena pengembangannya saja dilakukan di dua pusat peneltian yakni Chennai, Tamil Nadu, dan Bruntingthorpe, Inggris.

Dan penggunaan balancer shaft ternyata bukan makanan baru dari Royal Enfield. Tercatat Royal Enfield Interceptor 650 Twin dan Royal Enfield Continental GT 650 Twin juga menggunakannya.

Jadi Royal Enfield Meteor 350 bukan kelinci percobaan untuk fitur baru ini. Karena para seniornya telah terlebih dahulu mencicipi balancer shaft, dan hasilnya cukup memuaskan.

Terakhir, dengan sudah digunakan oleh beberapa tipe lain, ini berarti balancer shaft memang sudah terbukti dapat mengurangi getaran pada mesin. Oh iya, kalau mazbroo penasaran harga dan varian apa saja pada Royal Enfield Meteor 350, bisa baca artikelnya disini.