Vespa Klasik Dengan Mesin Listrik Berhasil Mengaspal

Vespa Klasik Listrik


Bimocorner-siapa yang tidak mengenal sosok scooter bernama Vespa ? Sepertinya hampir semua generasi mengenal atau setidaknya pernah mendengar kata Vespa seumur hidup mereka.

Sebagai sebuah scooter yang memiliki konsep unik dan klasik, Vespa tetap menjadi primadona yang semakin dicari setelah dunia melakukan kampanye anti 2Tak secara masif.

Dengan kampanye tersebut, maka secara tidak langsung dunia mengatakan 'Goodbye Vespa Klasik' dan selamat datang Vespa Matic. Namun, feel Vespa Klasik sepertinya masih cukup kuat.

Dan susah untuk digeser oleh Vespa Matic, perasaan inilah yang membuat pria asal Irlandia bernama Niall McCart mencoba mencari solusi untuk bisa menggunakan Vespa Klasik di jalanan Eropa.

Sebagai informasi saja masbroo, di Eropa menggunakan motor berasap atau beremisi tidak sehat akan dikenakan denda harian sebesar $17 atau sekitar Rp. 230 ribuan. Tentu saja denda ini akan sangat memberatkan, sekalipun untuk orang yang memiliki duit berlimpah.

Niall McCart memiliki inovasi yang cukup gila, yakni merubah mesin penggerak Vespa Klasik dari mesin 2 tak menjadi mesin berpenggerak listrik. Bersama dengan kenalannya yakni Mr.Chub, keduanya berkoloborasi membentuk Scooter klasik yang digerakan oleh mesin listrik.

Yang membuat saya kagum adalah keduanya memiliki batasan-batasan yang tidak boleh dilanggar, seperti tidak  merubah body fisik Vespa yang sudah ada, dan tidak melakukan rombakan dibagian sasis.


Niall McCart hanya menghilangkan tangki bahan bakar untuk diganti dengan baterai  lithium-ion, selain itu ubahan lain adalah mengganti lengan ayun roda belakang dengan model custom untuk motor listrik.

Niall McCart sendiri sudah mencoba hasil tangannya ini dalam sebuah jambore di Irlandia, meskipun di awal dipandang sebelah mata bahkan cenderung sinis. Namun setelah orang-orang disana menjajalnya, banyak yang merespon positif.

"Mereka menentangnya ketika mereka melihatnya, tetapi begitu mereka mengendarainya ke ujung lain tempat parkir dan kembali lagi, mereka memiliki senyum terbesar di wajah mereka," Kata Niall McCart seperti dikutip via New York Times.



Dari hobi jadi rejeki, mungkin itulah yang sedang dirasakan oleh Niall McCart dan Mr.Chub yang kebanjiran orderan setelah mereka mempublishkan karyanya dalam jambore Vespa Eropa. Total sudah ada 60 kit yang terjual, dan bahkan ada pemesan yang datangnya dari Amerika Serikat.

Padahal kalau bicara harga, cuan yang dikeluarkan tidak bisa dibilang kecil. Satu kit dibandrol dengan harga $ 4.750 atau sekitar Rp. 66.500.000, harga ini tentu belum termasuk ongkos pengiriman yang memakan biaya lebih besar.


Terakhir, Niall McCart membuka bengkel bernama Retrospective Scooters yang memang berfokus kepada penggarapan Vespa Klasik namun dengan mesin listrik. Selain lebih ramah lingkungan, Vespa Listrik ini juga tidak memiliki suara khas layaknya Vespa pada umumnya. Tertarik untuk meminang satu ?.