BMW Serius Menggarap Project Baterai Motor Listrik

Solid-Power


Bimocorner-saya adalah salah satu orang yang semangat jika membahas tentang teknologi go green, seperti motor listrik. Dan sebagai salah satu industri yang sedang berkembang, maka siapapun dapat menjadi jawara disini...

Kunci utamanya adalah inovasi yang harus dikeluarkan oleh para pabrikan, salah satu inovasi yang bisa menjadi pembeda adalah teknologi baterai. Inilah alasan kenapa BMW sampai menggelontorkan dana $ 130 juta untuk mengembangkan baterai listrik.

Namun, BMW tidak bermain sendiri di industri ini, mereka menggandeng dua perusahaan lainnya, yakni Ford Motor Company dan Volta Energy Technologies. Ketiganya sepakat menggunakan nama Solid Power dengan tujuan menciptakan baterai otomotif Solid state skala Produksi massal pada akhir Dekade ini.

Baterai Solid State memiliki beberapa keunggulan ketimbang baterai tipe Lithium Ion, salah satu yang paling menonjol adalah baterai Solid state berupa sebuah Elektrolit padat, ini akan menggantikan elektrolit cair yang biasa ditemukan di sel litium-ion normal.

Tidak sampai disitu, Baterai Solid State juga akan memiliki elektrolit padat dan bukan cairan, dan desain Solid Power menggunakan Logam litium  sebagai anoda, menjanjikan kapasitas yang jauh lebih besar daripada anoda grafit yang digunakan pada baterai lithium-ion normal. 


Hasilnya adalah baterai dengan ukuran yang lebih kecil, sehingga kita bisa mendapatkan lebih banyak daya dan rentang pengisian dari baterai dengan ukuran yang sama. Ya, sebuah baterai yang komplit, pengisian daya ulang cepat, ringan, dan lebih tahan lama.

Baterai Solid State juga akan memiliki tingkat safety yang lebih baik jika dibandingkan dengan baterai lithium ion yang bisa saja bocor jika mengalami kerusakan. Solid Power sendiri ingin project nya tersebut dapat selesai pada tahun 2025, meskipun rentang waktu yang diberikan adalah satu dekade, dan meskipun akan fokus pada mobil, namun tidak menutup kemungkinan juga bakal menyasar ke motor, karena teknologinya juga tidak jauh berbeda.

Siapa yang sudah beralih dari motor bensin ke motor listrik ?.