Ada Rahasia Irit Bahan Bakar Saat Menggunakan Maxi Yamaha


Bimocorner-memiliki badan yang lebar, dan juga tapak ban yang juga lebar, membuat Maxi Yamaha (Lexi, Nmax, Aerox, Xmax, Tmax) cocok untuk diajak touring jarak jauh.

Namun touring itu juga tidak hanya sekedar kenyamanan fisik saja yang perlu dijaga, kenyamanan isi dompet juga perlu diperhatikan. Tidak asyik dong, kalau habis touring gaji sebulan ludezz cuman buat isi bahan bakar.

Tapi tenang mazbroo, ada tips-tips dari Yamaha yang akan saya bagikan dalam bentuk tulisan dibawah ini. Jadi siapkan secangkir kopi, kertas dan pulpen jika butuhkan.


1. Cek Tekanan Ban Dan Perawatan Umum Kendaraan


Ban adalah bagian motor yang menopang seluruh beban motor, sekaligus menyalurkan tenaga sepeda motor ke jalan. Dengan fungsi seperti itu, maka tekanan ban harus terjaga.

Ketika ban dalam kondisi kurang angin atau kempes, maka motor juga akan terasa berat dan hal ini ujungnya hanya akan membuat bahan bakar terbuang sia-sia. Karena ban tidak dapat menyalurkan tenaga dari mesin secara maksimal.

Selain ban, ada juga fungsi dari part-part lain yang juga untuk menghemat bahan bakar. Seperti filter udara, yang membuat siklus udara segar dari luar ke mesin, jika filter udara kotor maka suplai udara tersendat dan menyebabkan boros bahan bakar.


2. Gaya Berkendara Jangan Liar


Bikers juga bisa menjadi faktor eksternal diluar motor itu sendiri yang mempengaruhi boros atau tidaknya bahan bakar yang diperlukan. Tipe bikers yang doyan main gas, akan menyebabkan bahan bakar terbuang sia-sia.

Ketika bikers melakukan tarikan gas dalam-dalam, ternyata setelah itu di rem kemudian di gas lagi, maka bahan bakar yang harusnya bisa dimaksimalkan hanya terbuang sia-sia tanpa tenaga yang maksimal. Maka ini juga bisa membuat boros bahan bakar.

Dalam Maxi Yamaha sendiri, ada yang namanya ECO Indicator, panjenengan dapat memanfaatkannya untuk menghemat bahan bakar. Karen ECO akan memberikan informasi gaya berkendara seperti apa yang irit.


3. Nyalakan Fitur Start Stop System


Fitur Start Stop System atau SSS adalah fitur yang akan mematikan mesin jika motor dalam kondisi berhenti. SSS dapat digunakan jika ingin berkendara namun irit, karena ketika di posisi lampu lalu lintas yang nunggunya bisa buat masak mie sampai jadi, SSS akan sangat bermanfaat.


4. Jangan Siksa Motor


Maksudnya bagaimana mas ? Jadi gini mazbroo, rata-rata orang suka touring akan membawa bekal-bekal yang sangat banyak, nah itu akan membebani motor diluar kemampuannya. Yang akhirnya malah membuat motor tidak bisa jalan dengan maksimal.

Itulah beberapa tips yang bisa dipraktikan untuk yang memiliki Maxi Yamaha, jika panjenengan memiliki tips lain, silahkan share di kolom komentar.