Bagaimana Cara Agar Kampas Rem Belakang Yamaha Nmax Awet ?


Bimocorner-salah satu cerita yang paling sering saya dengar adalah tentang kampas rem belakang Yamaha Nmax yang sering sekali habis. Meskipun pemakaian dalam kondisi jalan yang normal, tidak menurun tajam.

Pertanyaan demi pertanyaan ini saya coba kumpulkan, dan ternyata memang lumayan banyak juga pengendara Nmax yang mengeluhkan akan kampas rem belakang yang boros.

Saya memiliki sebuah tips yang mungkin bisa mengatasi akan masalah ini. Jadi, ada beberapa jenis kampas rem belakang untuk Yamaha Nmax.

Ada yang berkode 5YP dan ada juga yang berkode 3C1, semua dapat digunakan oleh Yamaha Nmax. Namun, untuk kampas rem belakang dengan kode 5YP, harganya lebih mahal Rp. 15.000 ketimbang kampas rem belakang berkode 3C1.

Saat ini, kampas rem belakang berkode 5YP dipasarkan diharga Rp. 75.000 sementara untuk kampas rem belakang berkode 3C1 dijual dikisaran Rp. 60.000 untuk wilayah Jawa. Mungkin untuk wilayah lain, harga akan berbeda mengikuti jarak.

Sebagai penekanan, apa yang saya sampaikan adalah pengalaman pribadi yang mungkin tidak akan seratus persen benar. Jadi, jangan lupa untuk berikan pengalaman panjenengan di kolom komentar terkait kasus yang dibahas kali ini.

Menurut pengalaman pribadi, kampas rem belakang dengan Kode 3C1 memiliki struktur yang lebih keras daripada kampas rem belakang dengan kode 5YP. Nah, jadi buat panjenengan yang masih merasakan boros, bisa dilakukan pengecekan apakah kampas rem belakang menggunakan kode 3C1 atau 5YP.




Jika masih 5YP, maka bisa dicoba untuk diganti dengan kampas rem belakang 3C1. Lalu bandingkan, apakah ada bedanya atau tidak ?.

Cara ini sering saya sarankan kepada para pengguna Nmax lainnya, dan hasilnya lumayan positif. Tapi saya tidak bisa mengklaim seratus persen bahwa cara ini berhasil untuk semua pemilik Nmax.

Kalau panjenengan sendiri bagaimana ? Ada pengalaman lain tentang cara menghemat Kampas Rem belakang Yamaha Nmax ? Silahkan tulis dikolom komentar.