Sejarah Berdirinya Yamaha - Part I


Bimocorner-siapa tidak mengenal nama Yamaha ?, rasa-rasanya hampir seluruh orang di dunia mengenal nama perusahaan asal Jepang ini. Namun, bagaimana perjalanan Yamaha hingga bisa sampai dititik seperti saat ini ?.

Perusahaan Alat Musik

Sejarah Yamaha dimulai ketika Torakusu Yamaha dimintai tolong oleh Kepala Sekolah SD Jinjo untuk memperbaiki organ yang ada di sekolah tersebut. Perlu diketahui, bahwa Organ pada jaman itu sangatlah mahal harganya.


Torakusu ternyata mampu memperbaiki Organ tersebut, hingga akhirnya dirinya percaya diri untuk membuat blueprint dari alat musik yang diperbaikinya. Dan mulai munculah ide untuk membuat alat musik sendiri dibawah perusahaan yang ia beri nama Nippon Gaki.

Karir Torakusu dalam pembuatan alat musik tidak semulus cerita novel. Torakusu bahkan menghabiskan waktu untuk membuat alat musiknya bisa seindah seperti alat musik impor yang saat itu menguasai pasar di Jepang.

Hingga akhirnya, pada tahun 1890, Piano rancangan Torakusu berhasil mengguncang pasar waktu itu. Selain indah didengar, harga alat musik Yamaha Organ Factory juga terbilang terjangkau ketimbang barang impor.

Batu Karang Untuk Yamaha

Yamaha harus menyerah ketika Perang Dunia mulai memanas, tidak ada lagi orang yang mau memainkan musik. Mereka lebih fokus untuk pangan, dan bertahan hidup, inilah yang membuat Yamaha Musik benar-benar diujung tanduk dan terpaksa berhenti.

Sebelum akhirnya sosok Genichi Kawakami resmi mengambil alih Nippon Gakki pada tahun 1950. Kawakami berhasil merubah Yamaha menjadi perusahaan yang terus berkembang pesat.

Perkembangan Yamaha tidak terlepas dari kejelian Kawakami dalam melihat peluang Perang Dunia, dimana hampir seluruh dunia membutuhkan transportasi untuk berperang, dan bergerak secara dinamis.

Hingga akhirnya pada tahun 1955, YA-1 resmi dirilis sebagai motor pertama Yamaha dalam belantika otomotif dunia. Strategi memisahkan Yamaha Musik dan Yamaha Motor dilakukan Kawakami agar perusahaan bisa fokus dalam menerapkan strategi masing-masing.


Hingga akhirnya pada tahun 1987, berdirilah Yamaha Corporation sebagai induk dari Yamaha Musik dan Yamaha Motor. Pembeda dari keduanya adalah pada logo, dimana untuk Yamaha Musik diberi warna biru, sementara untuk Yamaha Motor berwarna merah.

Lalu bagaimana kisah atau perjalanan Yamaha di indistri sepeda motor hingga bisa sebesar seperti saat ini ? Cerita akan saya lanjutkan pada Part II. Jadi ditunggu saja.