Velg Ruji Tidak Hanya Keren, Tapi Juga Wow Fungsinya !


Bimocorner-Kadang saya dengan Teman Mahasiswa PVTM Universitas IVET sering bersenda gurau pertanyaan tentang Velg sepeda motor, Contonya Velg Ruji, apa sekedar dibuat variasi apa memiliki fungsi lebih selain itu, Namun pastinya ada sebagian orang yang belum mengetahui fungsinya.

Disini saya akan menjelaskan tentang fungsi dari Jari-Jari Velg Sepeda Motor. Bentuknya yang memanjang dan ruji yang berjumlah banyak, menjadi penghias velg pada kendaraan, meskipun saat ini sudah hadir velg palang atau racing, namun jari-jari tetap ada karena fungsionalitasnya yang masih diperlukan dan variasi terhadap sepeda motor.

Dari penampilannya seakan-akan sederhana tapi dijaman sekarang sudah dimodifikasi menjadi velg racing.


Velg Jari-jari tidak hanya menjadi hisan semata namun juaga memiliki fungsi yang sangat penting Terutama untuk menjaga stabilitas kendaraan saat dikendarai, jari-jari ini seperti sebuah pasak yang menyeimbangkan velk dan kendaraan agar balance saat berjalan.

Apalagi kalau jalanan yang dilalui tidak rata, nah jari-jari atau ruji akan meredam getaran tersebut, dan mengokohkan velk.

Saya pernah  membiarkan jari-jari pada velk kendor, dan beberapa ada yang patah. Sepeda Motor seakan ingin lepas dari roda, tidak perlu melepas tangan untuk mencobanya, saya hanya perlu melepaskan tangan satu untuk merasakan sensasi motor bergoyang. Salah satunya cara untuk memperbaiki yaitu dengan mengganti ruji yang patah atau menyetel ulang jika dirasa kondisi jari-jari kendor.

Jadi, Velg Ruji Tidak Hanya Keren, tapi juga Wow Fungsinya !



*"BY. FERRY SETYAWAN_C3218110038_PVTM 6A_UNIVERSITAS IVET"

*EDITOR : BimoCorner