Peluang Membuka Usaha Bengkel Otomotif



Bimocorner-Perkembangan otomotif di Indonesia pada tahun ke tahun mengalami kemajuan yang pesat salah satunya kendaraan bermotor.

Perusahaan-perusahaan didunia selalu memproduksi sepeda motor yang banyak untuk dipasarkan. Respon positif dari konsumen Indonesia membeli sebagai transportasi dalam berpergian atau aktivitas sehari-hari. Semakin banyaknya masyarakat Indonesia membeli, menjadikan peluang-peluang usaha baru seperti penyediaan jasa perawatan kendaraan (bengkel otomotif). Persaingan usaha bengkel otomotif sangat ketat , mereka bersaing untuk mendapatkan pelanggan demi kelancaran usaha bengkel otomotif. Pelayanan dan kepuasaan pelanggan merupakan inti dari usaha bengkel mobil, pelayanan yang prima membuat pelanggan merasa puas atas kinerja bengkel otomotif. Kualitas pelayanan yang baik dalam perusahaan, akan menciptakan kepuasaan pelanggan. 

Apabila pelanggan merasa puas dengan produk atau jasa yang diterimanya. Setelah konsumen merasa puas dengan produk atau jasa yang diterimanya konsumen akan membandikan pelayanan yang diberikan. Pelanggan akan membeli ulang serta memberilam rekomendasi kepada orang lain untuk membeli ke tempat yang sama.

Untuk perawatan atau pemeliharaan, perbaikan, modifikasi mesin, perlu tempat  untuk pembongkaran mesin. Perkakas bengkel hampir selalu tersedia pada setiap perbaikan. Hal tersebut disebabkan oleh sifat alami barang-barang perlengkapan yang selalu membutuhkan perawatan serta mengalami kerusakan dari waktu ke waktu. :

a. Perawatan cek rutin, ganti oli, dan lain-lain.

b. perbaikan atau penggantian komponen kendaraan.

Yang di perlukan bengkel Untuk bisa dilaksanakannya kegiatan perbengkelan yang diperlukan:

a. Peralatan yang sesuai kebutuhan bengkel lengkap.

b. Gedung tempat dilakukan kegiatan service.

c. Persediaan suku cadang untuk yang memerlukan penggantian.


a. Perawatan cek rutin, ganti oli 

Perawatan yang sangat sederhana untuk merawat motor adalah dengan rutin mengganti oli sesuai waktunya. penggantian oli harus tepat waktu, Jika motor sudah melebihi yang di tentukan maka penggantian oli perlu di lakukan agar kondisi motor tetap terjaga akselerasi nya. Hal yang paling gampang adalah pada performa mesin motor.Seiring dengan pemakaian, oli mesin akan mengalami penurunan kemampuan untuk melumasi.

b. Perbaikan atau penggantian komponen kendaraan

Untuk langkah ini pada kendaraan terdapat banyak komponen yang harus di perbaiki jika bisa. jika tidak bisa maka harus di ganti, untuk komponen sendri ada saat nya harus di ganti seperti filter oli, filter solar atau bensin, filter udara. Untuk komponen seperti itu menurut saya harus di ganti karena jika di bersihkan percuma akan kembali seperti tarikan kendaraan kurang enak. 

Yang di perlukan bengkel Untuk bisa dilaksanakannya kegiatan perbengkelan yang diperlukan:

a. Peralatan yang sesuai kebutuhan bengkel lengkap.

Kunci pas

Kunci ring 

Kunci kombinasi

Kunci soket

Kunci inggris

Kunci bintang

Kunci L

Kunci pipa

Kunci tracker

Dongkrak

Tang scrap

Tang cukit

Tang potong

Kunci roda

Kunci obeng 

Palu 

Gerinda

Kikir

Bor

Ragum 

Gergaji besi

Playing bar

b. Gedung tempat dilakukan kegiatan service.

Tempat atau gedung untuk melakukan perbaikan dan tempat untuk bekerja, penempatan alat , parkir mobil yang akan di servis, kantor bengkel juga bisa jadi satu dengan tempat pekerjaan, untuk sparepart juga bisa di jadikan satu tempat agar mudah untuk mencari sparepart yang akan di cari.

c. Persediaan suku cadang untuk yang memerlukan penggantian.

Onderdil atau suku cadang adalah komponen dari mesin yang dicadangkan untuk perbaikan atau penggantian bagian kendaraan yang mengalami kerusakan. Suku cadang merupakan bagian penting dalam manajemen logistik dan manajemen rantai suplai. Onderdil yang tidak dapat diperbaiki disebut suku cadang terpakai. Onderdil umumnya diganti baru apabila ditemukan kegagalan fungsi.

a. bagaimana langkah awal membangun bengkel otomotif ?

Langkah awal mendirikan sebuah usah bengkel yaitu harus mempunyai modal awal untuk membuka tempat untuk melakukan jasa service kendaraan lalu sedikit demi sedikit mempunyai alat lengkap dan yang selanjutnya jika kita menguasai otomotif maka kita hanya perlu memerlukan anak buah atau mekanik satu atau tiga mekanik. Jadi selagi kita atau owner bisa melakukan pekerjaan servis maka kita hanya perlu membayar mekanik kita untuk tenaga owner tidak usah di hitung. Karena owner sendri yang mempunyai bengkel tersebut.

b. bagaimana tata ruang bengkel yang nyaman ?

Untuk tata ruang bengkel harus di perhatikan dari segi penerangan, keamanan bagi konsumen maupun mekanik harus di perhatikan,

Untuk tata ruang bengkel yaitu

Alat alat harus tertata dengan rapi dan jauh dari jangkauan konsumen agar tidak terjadinya kecelakaan dan penempatan alat harus benar dan tapi jika tidak sesuai akan terjadi kecelakaan kerja.

Untuk ventilasi udara juga harus di perhitungkan keluar masuk angin yang bersih, jika tidak ada angin kluar masuk maka Susana di dalam Bengkel akan terasa panas dan bau, sehingga menjadi konsumen tidak betah.

Untuk penerangan harus terang jika tidak terang akan menggangu konsentrasi para mekanik saat memperbaiki kendaraan dan pelanggan pun juga tidak nyaman berada di dalam bengkel.

Tempat untuk menunggu konsumen Tempat untuk konsumen ini adalah tempat dimana konsumen menunggu motor nya selesai di servis dan memberikan fasilitas seperti AC atau kipas angin , minuman , Snack dan koran jika mau membaca.

Kasir tempat pembayaran jika sudah selesai servis tempat ini untuk pembayaran atau konsultasi para konsumen dan mekanik jika membutuhkan pembelian sparepart jika di gudang tidak ada stock  sparepart.

A. Kesimpulan 

Jadi kesimpulan untuk usaha bengkel otomotif selagi kita berusaha untuk bisa maju maka kita pasti bisa.Untuk manfaat usaha bengkel otomotif ini juga untuk memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat dan untuk memajukan dunia otomotif.


Artikel ini ditulis oleh Achmad Reza, dan dilakukan editing oleh Bimo Corner