Cara Mengunduh/Mendownload Video di Youtube Tanpa Aplikasi dan Gratis

Bimocorner-Youtube sepertinya tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia bahkan dunia, platform berbagi video ini berhasil menjadi yang populer diseluruh sudut Bumi. Beragam video dengan topik-topik berbeda tersedia di youtube.

Mulai dari lelucon sampai ke serius, semua tersimpan rapih di youtube yang bisa saya dan panjenengan nikmati dengan gratis. Meskipun gratis, namun satu masalah yang sering terjadi adalah terbatasnya kuota internet bagi saya yang bukan merupakan keturunan Rahim konglomerat.

Kalau nonton youtube seharian, kuota bisa koid sebelum waktunya, dan endingnya harus ngeluarin uang lagi dari dompet yang kian ditinggal penghuninya. Jadi daripada seperti itu, mending saya mengunduh video di youtube ketika ada wifi. Agar dapat dinikmati kapanpun, atau mungkin ada alasan lain saya mengunduh video.

Ada cara agar kita tidak perlu mengunduh aplikasi untuk mendownload video dari youtube, bagaimana caranya ? tidak perlu lama-lama lagi, langsung saja kita menuju ke tutorialnya.


Pertama, Membuka Situs Youtube


Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuka situs resmi Youtube, panjenengan dapat membukanya via google. Yakni dengan mengetikan nama youtube di kolom pencarian google, kemudian pilih situs teratas yang membahas youtube.


Untuk mengunduh video dan disimpan ke file ponsel/pc/laptop, panjenengan tidak perlu repot-repot login. Karena tidak ada kewajiban untuk masuk atau mendaftar ke pihak youtube untuk menikmati setiap video yang ada disana.


Kedua, Cari Video Yang Diinginkan



Langkah berikutnya adalah mencari video yang ingin diunduh, panjenengan dapat menuliskan dikolom pencarian youtube. Sebagai contoh, saya ambil topik tentang video lucu, dan kemudian di klik logo kaca pembesar.


Ketiga, Coppy Link Video


Langkah berikutnya adalah melakukan coppy untuk link video yang ingin diunduh, saya mencontohkan disini saya akan mengunduh video berjudul “Gak Mau dosa tapi ketawa” yang diupload oleh akun SuparMin. Ini hanya contoh ya ! dan untuk bahan tutorial saja.


Kemudian, jika sudah masuk kedalam mode video (seperti gambar diatas), langkah berikutnya adalah klik tombol bagikan. Nanti akan ada kode https://youtu.be.**** , pilih opsi salin.


Keempat, Masuk ke Savefrom


Urusan kita dengan youtube sudah selesai, kini kita masuk ke situs atau website yang digunakan untuk mengunduh video youtube yang diinginkan tadi. Langkah berikutnya adalah ketikan nama “savefrom net” melalui mesin pencari google.

Selanjutnya, pilih situs seperti yang ada digambar, karena nanti akan banyak muncul situs-situs lain yang tidak sesuai dengan tujuan saat ini.


Gambar diatas adalah tampilan home dari situs savefrom net, cukup clean dari iklan. Namun, sangat tidak disarankan untuk yang berusia 18 tahun keatas. Karena iklannya kadang konten dewasa yang bisa merusak otak.

Kelima, Pastekan Link Yang Sudah Kita Coppy


Silahkan paste link yang sudah kita coppy pada langkah ketiga di kota yang sudah disediakan oleh savefrom net. Lalu klik tombol unduh, kemudian situs akan mengarahkan kepada sebuah tampilan situs seperti dibawah ini.


Ada opsi pilihan file apa yang akan kita unduh, apakah mp4, atau jenis file lain. Setelah selesai dengan urusan file yang akan diunduh. Maka langkah berikutnya adalah klik tombol unduh.

Keenam, Menunggu Unduhan dan Selamat Menonton


Langkah terakhir adalah menunggu unduhan, cepat atau lambatnya tergantung besar file dan juga kecepatan internet panjenengan. Setelah selesai, maka file otomatis tersimpan di ponsel/pc/laptop kita. Dan selamat menonton.


Perlu diketahui, youtube sangat konsen dengan hak cipta, maka jangan sekali-kali reupload konten orang lain dengan cara ini. Karena akan dicekal, kalau digunakan untuk pribadi masih diperbolehkan.

Baca Juga : Bagaimana Cara Menghilangkan Background Foto Tanpa Aplikasi ?

Setelah mempraktikannya, jangan lupa berikan hasilnya di kolom komentar, dan jika ada pertanyaan ataupun kesulitan, bisa disampaikan di kolom komentar.