Mengisi BBM Saat Malam Hari Lebih Banyak Ketimbang Siang Hari ? Berikut Penjelasannya !


Bimocorner-ketika mencari sebuah gambar terkait Pertamina, saya mendapati sebuah artikel yang menarik. Dan mungkin, informasi ini adalah kabar baru yang saya dan panjenengan dengar.

Sebuah artikel berjudul "Isi BBM Malam Hari Lebih Banyak Dibanding Siang Hari, Benarkah?" Menarik perhatian saya untuk melahapnya. Dari judul, sudah diketahui bahwa topik pembahasan adalah masalah bahan bakar.

Fakta atau mitos bahan bakar, tepatnya begitu yang ingin disampaikan oleh penulis artikel. Dimana, menurut klaim dari beberapa pihak, mengisi bahan bakar di malam hari akan mendapatkan lebih banyak ketimbang di siang hari.

Secara teori, hal ini didukung oleh sebuah hukum tentang memuai. Dimana, ketika malam hari yang memiliki cuaca cenderung dingin, bahan bakar akan lebih membeku. Sementara sebaliknya, karena siang hari memiliki hawa yang panas, bahan bakar akan mudah memuai.

Dari teori diatas, bisa disangkutkan dengan cara kerja mesin pom bensin yang ditentukan oleh volume BBM tersebut yang dikeluarkan. Ketika isi BBM malam hari, berat massa dan jumlah volume akan sebanding.

Baca Juga : Apa Benar Pertamina Melarang Pengisian BBM Untuk Motor 2 Tak ? Berikut Ini Faktanya !

Sementara jika siang hari, meskipun volumenya sama tetapi berat massanya berbeda karena BBM sudah memuai terkena panas.


Namun, jika kita hidup di Indonesia yang rata-rata memiliki hawa atau derajat yang mirip-mirip antara siang dan malam. Konsep ini tidak akan terlalu berefek mazbroo, jadi tidak perlu ngoyot-ngoyot ngisi harus malam hari. Bukannya dapat untung, malah dorong endingnya.