Minyak Kayu Putih Ternyata Bisa Menghemat Bahan Bakar Kendaraan


Bimocorner-cerdas, itulah satu kata yang terlontar ketika saya membaca sebuah berita tentang mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Islam Malang yang berhasil melakukan penelitian tentang manfaat Minyak Kayu Putih untuk menghemat bahan bakar.

Jika sebelumnya minyak kayu putih sering dijadikan teman dikala masuk angin menyerang, ternyata minyak kayu putih memiliki zat aditif yang bisa larut kedalam bahan bakar. Yang kemudian hal ini mampu membuat suatu perubahan pada sepeda motor.

Penelitian ini termuat dalam sebuah karya ilmiah berjudul "Pengaruh campuran minyak kayu putih pada petralite terhadap kinerja motor bensin honda supra X 125 R". Dimana diterangkan dalam karya ilmiah tersebut, minyak kayu putih alternatif untuk meningkatkan efisiensi pembakaran mesin dan mengurangi pencemaran.

Peneliti menggunakan metode dengan memformulasi bahan bakar dengan zat aditif yang berfungsi untuk memperkaya kandungan oksigen dalam bahan bakar. Dimana kayu putih dijadikan bioaditif untuk bahan bakar (dalam hal ini adalah Pertalite).

Mulai dari Rp 300 ribu

Dan ditemukan hasil, pencampuran aditif minyak kayu putih pada bahan bakar Pertalite terhadap peforma motor bakar, konsumsi motor bakar serta emisi gas yang dihasilkan. Dimana untuk hasil penelitian zat aditif minyak kayu putih sebesar 4 ml dalam 1 liter bensin menaikan performa motor bakar dan menurunkan konsumsi bahan bakar.

Sementara campuran Pertalite dan minyak kayu putih 8 ml menurunkan kadar CO dan HC secara drastis pada sepeda motor. Penelitian ini tentu menjadi angin segar bagi bikers, karena selain menghemat bahan bakar, minyak kayu putih juga mampu meningkatkan perfoma motor.


Namun, sekali lagi, sebagai langkah waspada, mending kita tunggu sampai ada penelitian-penelitian lain yang menguji fungsi dari Minyak Kayu Putih ini. Karena ini memiliki sangkut paut dengan sepeda motor kesayangan.

Sumber Berita : otomotifnet