Vampir Oli Pada Yamaha Nmax, Apa Penyebabnya ?


Bimocorner-Yamaha Nmax dapat dikatakan sebagai salah satu produk terlaris di Indonesia saat ini. Meskipun begitu, tidak menutup Nmax sering mengalami trouble yang kadang membuat pemiliknya bertanya-tanya.

Salah satu masalah yang sering dialami Yamaha Nmax adalah Vampir Oli, yakni sebuah kejadian dimana oli mesin tiba-tiba atau cepat sekali berkurang. Masalah ini sering membuat para pemilik Nmax harus mengeluarkan uang lumayan besar karena kehabisan oli yang berakibat fatal.

Baca Juga : Apa Benar Yamaha Indonesia Tidak Menerima Service QBIX ?

Lalu apa sebetulnya yang terjadi ? Dalam artikel bengkel ini, kita akan mencoba membedah indikasi-indikasi yang menyebabkan oli mesin seperti diserap oleh Vampir.

Pertama, Oli Mesin Yang Tidak Sesuai


Yamaha Nmax memiliki oli mesin bertipe Supermatic, dengan SAE 10W-4. Sebagai pengamanan, gunakanlah oli mesin yang sesuai dengan saran dari pabrikan.

Baca Juga : Mengisi BBM Saat Malam Hari Lebih Banyak Ketimbang Siang Hari ? Berikut Penjelasannya !

Setidaknya, jika panjenengan memaksa untuk mengganti oli mesin dengan yang bukan asli pabrikan, maka gunakanlah oli mesin merek lain yang memiliki SAE sama dengan yang disarankan oleh pabrikan.

Kedua, Kebocoran di Ruang Bakar


Lho mas, oli itu ikut terbakar to ? Jawabannya, iya. Salah satu fungsi oli mesin adalah mendinginkan dan melicinkan piston, maka tidak heran kalau oli mesin bisa habis jika tidak pernah diganti namun sering dipakai jalan.

Namun, ada satu kejadian yang membuat oli mesin terbakar lebih banyak. Yakni ketika piston atau cylinder mengalami keausan, ini dapat dilihat dari asap knalpot yang mengeluarkan warna putih.

Ketiga, Seal Kruk As CVT Bocor


Tidak terlihat, namun menyakitkan, gambaran seal kruk as cvt yang bocor. Tempatnya yang tertutup sering sekali tidak terlihat, dan membuat pemilik tidak terlalu ngeh. Padahal, kebocoran seal kruk as cvt bisa menyebabkan oli mesin berkurang, dan juga cvt menjadi kotor dan membuat tarikan tidak nyaman.


Itulah 3 hal yang membuat oli mesin Yamaha Nmax kehabisan oli mesin tanpa disadari oleh pemiliknya. Jika panjenengan memiliki cerita lain tentang Vampir Oli di Nmax, bisa tinggalkan di kolom komentar.