4 Pabrikan Tanda Tangani Kerja Sama Kemajuan Dan Percepat Industri Motor Listrik


Bimocorner-saya teringat dengan sebuah momen di Kartun Naruto, ketika terjadi perang dunia shinobi. Yang akhirnya membuat lima desa beraliansi bekerja sama melawan musuh mereka. Itu di dunia shinobi, namun ternyata langkah aliansi ini benar-benar terjadi dalam kehidupan nyata.

Empat pabrikan besar, HONDA Motor Co., Ltd., YAMAHA Motor Co., Ltd., , KTM F&E GmbH, dan PIAGGIO Group resmi menandatangani kerja sama pembentukan dari Konsorsium Sepeda Motor Baterai yang Dapat Ditukar/ Swappable Batteries Motorcycle Consortium (SBMC).

Menyusul sebuah kesepakatan pada Bulan Maret lalu, empat pabrikan akhirnya resmi tanda tangan diatas kertas untuk sebuah projek memajukan industri motor listrik. SBMC ini memiliki beberapa poin yang disepakati oleh keempat pabrikan, dan wajib untuk dikerjakan bersama.

Yang pertama adalah Mengembangkan spesifikasi teknis umum dari sistem baterai yang dapat ditukar (Swappable Batteries).

Yang kedua Konfirmasikan penggunaan umum sistem baterai.

Yang ketiga, Membuat, dan mempromosikan spesifikasi umum Swappable Batteries yang diibuat Konsorsium sebagai standar di Eropa dan Badan standardisasi internasional.

Yang Keempat, Perluas penggunaan spesifikasi umum [dari Swappable Batteries yang diibuat oleh] Konsorsium ke tingkat global.

Dengan tanda tangan diatas kertas, para pabrikan mempunyai kewajiban untuk membuat baterai secara teknis dan terbuka. Yang nantinya, akan dinilai oleh sebuah lembaga standarisasi baik nasional, eropa ataupun dunia.

Baca Juga : Ciri-Ciri SPBU Untuk Motor Listrik Di Indonesia

Sehingga jangan heran, kalau nanti motor listrik bermerek Honda, bisa menggunakan baterai dengan label KTM. Karena formula yang digunakan sama persis, sehingga tidak perlu repot-repot ke dealer Honda ataupun sebaliknya.


So mazbroo, keempat pabrikan juga membuka pintu selebar-lebarnya untuk para pabrikan lain jika ingin join. Jika berminat, bisa menghubungi para anggota SBMC.