Ban Tanpa Udara Siap Produksi 2024


Bimocorner-mazbro, apa salah satu penyakit ban kendaraan ? Bocor, kempes, ya itu lah salah satu sumber yang membuat bikers galau karena pecah atau ban bocor tidak dapat di prediksi. Hal ini sepertinya dibaca betul oleh salah satu perusahaan ban dunia.

Michelin diketahui sedang melakukan riset, dan pengembangan ban yang diberi nama Unique Puncture-Proof Tire System (Uptis). Teknologi ini mampu menjawab 'keresahan' para bikers, yang sering mengalami ban bocor.

Ban kok tanpa udara ki kepie to mas ? Opo yo mungkin ? Jika pertanyaan itu sekarang ada didalam pikiran panjenengan, maka itulah pikiran yang saya baca ketika menemukan berita ini. Namun, keraguan kita semua rasa-rasanya sampai kepada pihak Michelin, seperti yang disampaikan oleh direktur teknis dan ilmu komunikasi Michelin group, Cyrille Roget

"Ini merupakan keputusan besar kami. Ketika orang yang awalnya mengakui agak ragu, namun hasil penemuan kami berbeda dengan ban konvensional," kata Roget.

Ban Uptis ini sendiri memiliki struktur pembuatan terdiri dari kombinasi ban alumunium dengan struktur penahan beban yang terbuat dari plastik dengan diperkuat serat kaca (GFRP) serta  campuran karet fleksibel.

Karena tanpa udara, maka ban Uptis akan aman dari ranjau-ranjau jalanan. Kalaupun ketancep, tidak mungkin kan gembos karena ban ini tanpa udara mazbro. Selain tanpa udara, Uptis juga mampu didaur ulang. Dengan cara melakukan print ulang tapak ban.

Teknologi ini diharapkan mampu mengurangi limbah ban yang mencapai 200 juta atau setara 200 berat menara eiffel. Uptis sendiri juga dikonfirmasi memiliki bobot ban yang lebih ringan dari konvesional.

Uptis sendiri akan mulai dijual pada tahun 2024 oleh Michelin, dan akan terus dikembangkan hingga tahun 2050. Jika teknologi ini sukses sesuai planing, akan ada penghematan yang lumayan. Tertarik ?


Sumber : CNN