Besaran Biaya Yang Dikeluarkan Mandalika GP Kepada Dorna Sports

Bimocorner-jika sebuah tuan rumah ingin menyelenggarakan acara Moto GP atau WSBK, maka mereka wajib membayarkan biaya penyelenggaraan kepada Dorna Sports sebagai induk atau promotor dari WSBK dan Moto GP.

Mandalika GP


Termasuk Mandalika GP yang sebelumnya telah sukses menggelar race WSBK, dan pada tahun 2022 nanti mereka juga akan bersiap menjadi salah satu tuan rumah Moto GP.  Lalu berapa biaya yang perlu dikeluarkan Indonesia untuk menggelar Mandalika GP ?.

Jika menilik historis, rata-rata untuk biaya penyelenggaraan dikenakan biaya antara 6 hingga 12 juta Dollar. Itu rata-rata ya masbro, mungkin harga berbeda-beda atas beberapa faktor.

Direktur ITDC, Abdulbar Mansoer menyebutkan biaya penyelenggaraan atau komitmen fee yang dibayarkan ITDC kepada Dorna Sport untuk event motoGp sekitar  €9 juta untuk satu kali event balap. Angka ini kemudian dipertegas oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah yang menyebutkan harga sekitar Rp 143 Miliar.

Terlihat besar, namun ini akan terbayarkan dengan branding yang akan dirasakan oleh Indonesia, terutama Mandalika akan sangat besar. Inilah yang diungkapkan oleh Pak Zulkieflimansyah, ketika menjelaskan tentang besarnya biaya untuk sekali gelaran race Moto GP.

“Presiden bilang jangan lihat hitung-hitungan atau kalkulasi dari segi finansial, tapi dampak untuk branding negara itu penting. Dengan Mandalika, global reach bisa lebih dari 200 juta euro,” kata Gubernur NTB seperti dikutip via Suara.

Namun biaya tersebut masih belum final sepertinya, ini terlihat dari komentar Pak Zulkieflimansyah yang akan mulai pertemuan lagi dengan ITDC membahas biaya-biaya fee lain jika ada.

“Saya akan bertemu dengan ITDC nanti, itu akan kita bahas teknisnya, apakah ITDC yang jadi panitianya atau bagaimana. Apakah ada fee yang harus dibayar lagi atau bagaimana, itu yang akan kita bahas".

Nah, itulah biaya fee yang wajib dibayarkan ke Dorna Sports. Memang terlihat mahal kalau kita berbicara nominal matematika yang dikeluarkan, tapi kalau dilihat dari dampak lain yang bisa didapatkan ? Rasanya, akan lebih banyak plusnya, terutama pergerakan ekonomi untuk warga sekitar sirkuit.

Baca Juga : Komentar Para Pembalap WSBK Tentang Sirkuit Mandalika