Cerita : Kampas Ganda Matic Habis Karena Modifikasi Rumah Kopling Yang Dikartel

Bimocorner-pagi ini rasanya mata dibuat berbinar, kalau Orang Jawa bilangnya "melek langsung" setelah membaca artikel tentang kampas ganda matic habis karena efek modifikasi rumah kopling yang dikartel.


Jadi artikel ini saya dapatkan via teknisi yang juga menjadi seorang blogger kenamaan di Indonesia, Aripitstop. Jadi Mas Ari ini menemukan sebuah trouble di bengkel nya berupa kampas kopling ganda Yamaha Nmax yang habis atau bahkan nyaris terkikis habis.

Ternyata setelah di cek, motor tersebut menggunakan rumah kopling yang sudah kartelan. Buat yang belum tahu, rumah kopling kartelan adalan rumah kopling yang dibuat kasar pada bagian tapaknya dengan cara bantuan mesin bubut, sehingga mangkok ganda langsung mengigit kampas ganda tanpa adanya selip.

Namun, kenapa pada cerita ini kampas ganda bisa sampai habis ? Ternyata, ada sebabnya. Mangkok ganda jenis kartelan secara umum di desain dengan 2 tipe, yakni untuk harian dan juga untuk balap.

Baca Juga : Lokasi dan Harga Tiket Mandalika GP

Bedanya ada pada jenis kikirannya, untuk model harian biasanya dibuat lebih halus. Sementara untuk model balap, dibuat lebih kasar dan dalam. Kemungkinan besar, dalam cerita kasus kali ini, si pemilik menggunakan model balap tapi gunakan pada harian.

Ini sih sangat tidak disarankan ya masbro, karena bisa merusak komponen motor yang tentu harganya tidak murah. So, saran saya jika ingin melakukan modifikasi, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu spesifikasinya dan fungsi dari modifikasinya.


Gambar :