Astra Honda Motor Beri Sinyal Sebentar Lagi Masuk Segmen Motor Listrik, Setara BeAT



Bimocorner-masbro, saat ini pemain motor listrik di Indonesia belum ada nama-nama pabrikan besar penguasa pasar motor berbahan bakar fosil. Sebut saja Yamaha, Honda ataupun Suzuki.

Memang benar sih, Honda sudah masuk dengan PCX Elektriknya. Namun, motor tersebut baru dipasarkan dalam sistem bisnis ke bisnis, bukan ke konsumen perorangan.

Direktur Pemasaran PT AHM, Thomas Wijaya memberikan bocoran bahwa mereka akan mencoba masuk ke segmen motor listrik pada tahun 2024 nanti. Bukan hanya hisapan jempol semata, AHM telah melakukan riset ketertarikan konsumen motor listrik di Indonesia.

"Kita harapkan di tahun 2024, kita sudah bisa menemukan model yang cocok dengan masyarakat Indonesia, dari sisi penggunaan, infrastrukturnya, kenyamanan, termasuk juga performa, saat ini memang kita masih kontinyu karena kondisi pandemi kemarin di tahun 2020, 2021, tahun ini (pemasaran PCX Electric) kita masih dengan sistem business to business," kata Thomas Wijaya

Dengan data ini, nantinya diharapkan produk yang diluncurkan bisa langsung memikat pasar. Salah satu langkah serius AHM adalah mendaftarkan hak desain paten di Pangkalan Data Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Kemenkumham RI.


Jika mengamati dari desain yang ada, motor listrik ini diduga adalah Honda U-GO yang sudah dipasarkan terlebih dahulu di Tiongkok. U-GO hadir dalam dua model, yakni reguler dan low speed (kecepatan rendah). Model standar memiliki motor hub bertenaga 1,2 kW, dengan tenaga puncak 1,8 kW, dan top speed 53 km/jam. Sementara model kedua ditenagai 0,8 kW, dengan kecepatan tertinggi 43 km/jam.

Dan didaratan Tiongkok, U-GO dipasarkan dengan harga kurang lebih Rp. 16 jutaan. Motor listrik ini bisa dikatakan selevel dengan Honda BeAT, dengan desain yang juga mungil dan cocok untuk jalanan Indonesia yang macet.

Baca Juga : Suzuki Hengkang Dari Moto GP ?

So masbro, apakah Honda U-GO adalah motor listrik yang dimaksud oleh AHM yang bakal dirilis di tahun 2024 nanti ? Indikasinya sih cukup kuat, tapi kalau melihat bocoran yang ada saat ini, sepertinya perlu lebih bocoran untuk bisa memastikannya.

Sumber