Demi Pendapatan Menggelembung Pada MotoGP, Moto3 Dan Moto2 Harus Dikorbankan ?

Dorna


Bimocorner-Ada selentingan yang menarik perhatian beberapa hari ini, setelah Bos Pramac Racing : Paolo Campinoti, meminta Dorna untuk mempertimbangkan menghilangkan jadwal Moto3 dan Moto2 untuk jadwal diluar Eropa.

Campinoti melihat, adanya penurunan penonton yang terjadi. Dan meminta Dorna untuk fokus menggarap kelas premier untuk balapan yang digelar di luar Eropa.

Campinoti mencontohkan bagaimana Formula 1 bisa mulai menarik perhatian para penikmat balapan mobil. Yang berujung kepada masuknya sponsor lebih besar, sehingga uang yang dibagikan ke tim pun juga bisa lebih besar.

F1 telah menerapkan sistem dimana mereka tidak selalu memainkan F2 dan F3 bersama dengan kelas tertinggi. Musim ini, ada 22 balapan dalam kalender Formula 1, sementara hanya 14 untuk F2 dan ada 9 seri untuk F3.

Usulan ini sudah didengar oleh CEO Dorna : Carmelo Ezpeleta, namun secara halus dan tegas, dia menolak usulan dari Campinoti. Ezpeleta beralasan bahwa sejak 1949, mereka sudah menggelar balapan dalam tiga kelas, dan itu tidak bisa dirubah.

Artikel Terkait : Permintaan Marc Marquez Disetujui Oleh Dorna

“Kami tidak akan menghilangkan Moto2 dan Moto3 karena ketiga kelas itu sangat penting jadi bagian struktur GP dan sudah selalu ada sejak 1949," kata Ezpeleta dikutip dari speedweek.

"Saya terbuka untuk berbagai diskusi yang berguna. Namun, program GP dengan tiga kelas tidak akan goyah."