Minat Motor Listrik Di Indonesia Menguat, Yamaha Lanjutkan Riset E01 Kearah Yang Lebih Serius !

Yamaha e01


Bimocorner-manteb bin sedap masbro, ketika melihat para pabrikan besar roda dua semakin bergeliat melirik industri motor listrik. Setelah sebelumnya Honda mengkonfirmasi tentang produk motor listrik mereka yang akan segera rilis di akhir tahun ini.

Kini Yamaha juga tidak mau kalah dari kompetitornya tersebut. Mereka disinyalir telah membawa 20 unit E01 ke Indonesia untuk mulai disebar ke beberapa lokasi.

Lha memang buat apa ? Nah, iki yang menarik masbro. Yamaha E01 akan diuji coba dalam berbagai wilayah di Indonesia, untuk mendapatkan data yang diperlukan untuk proses development motor lebih serius.

Meski sudah mulai serius, tapi sepertinya kita harus sabar dulu nih masbro. Karena E01 masuk dalam project jangka panjang Yamaha yang ditargetkan sempurna pada tahun 2050.

Ya meskipun begitu, kita mending intip-intip dulu spesifikasi Yamaha E01 ini yang ternyata manteb juga masbro. Kabarnya, untuk mengisi ulang baterai dari 0-90%, hanya dibutuhkan waktu satu jam'an.

Sementara untuk fitur motor ini sudah dijejali smart key, LED, speedometer full digital, power modes, ABS 2-channel, reverse mode, Y-connect, hingga Traction Control System. Yamaha E-01 juga Memiliki kapasitas sebesar 4.9 kWh dan daya 87.6 V / 56.3 Ah membuat E01 mampu menempuh jarak sejauh 104 km.

Yamaha motor listrik


Sedang power sendiri tembus diangka maksimal 11,4 ps dan torsi maksimal diangka 30,2 Nm. Tapi Yamaha E01 ini masih punya kendala jika dipasarkan sekarang.

Karena baterai yang terpasang di E01, harganya bisa separuh motor itu sendiri. Kabarnya sih, E01 kalau dipaksakan dijual saat ini, harganya bisa tembus Rp 50 juta, edan !.

Nah, jadi kemungkinan besar para orang-orang atas di Yamaha sedang mencoba menggodok ulang proses development E01. Agar nantinya harganya bisa lebih ekonomis ketimbang saat ini.