Rahasia Penolakan RNF Atas Tawaran Kontrak Baru Yamaha Terungkap

Razlan Razali


Bimocorner-memasuki pertengahan musim 2022, RNF dan Yamaha masih terus berkomunikasi dengan secara intens. Bahkan, Yamaha cukup yakin kalau RNF akan setuju dengan kontrak satu musim yang mereka tawarkan.

Namun, RNF malah memutuskan untuk bekerja sama dengan Aprilia saat seri balapan di Mugello. Sebuah kabar yang membuat Yamaha kaget ketika mendengarnya.

Lantas, apa alasan RNF memilih Aprilia yang hanya akan memberikan mereka 'motor bekas' 2022 ?.

CEO RNF, Razlan Razali menjelaskan bahwa dia menerima pinangan Aprilia karena dua alasan yang tidak bisa dijanjikan atau ditawarkan oleh Yamaha.

Alasan pertama, Aprilia menawarkan kerja sama dengan durasi yang lebih panjang. Yakni 2+1, alias dua tahun pertama, dan ada kesempatan untuk memperpanjang satu tahun lagi.

“MotoGP adalah bisnis besar. Kami berada di puncak kejuaraan dunia roda dua. Jadi, butuh rencana jangka panjang, strategi jangka panjang untuk sponsor, marketing, apapun itu. Saya dapat menerima bahwa 2022 hanya satu tahun, karena berbagai keadaan, tetapi saya percaya bahwa di tengah tahun kami telah menunjukkan bahwa kami telah melakukannya dengan baik. Jadi orang bertanya-tanya mengapa mereka (Yamaha) tidak memberi saya (RNF) perjanjian multi-tahun," kata Razlan Razali.

Alasan kedua, Aprilia lebih fair menempatkan posisi RNF atas mereka. Dimana RNF sangat diperbolehkan untuk bisa mengalahkan Aprilia, dan menjadi rival balapan yang adil.

“Mereka ingin kami (RNF) mengalahkan mereka ( Aprilia Racing ) dan ini enak didengar, ini bukan hubungan antar pelanggan, tapi kemitraan. Dan itulah yang kuinginkan selama ini.”

Sumber : Autosports.