Honda Berpeluang Meninggalkan WSBK, Karena Masalah Kesetaraan

Honda WSBK


Bimocorner-tidak hanya di MotoGP, dominasi Ducati juga mulai terlihat di World Superbike. Salah satu saudara kandung MotoGP yang dinaungi oleh Dorna. Meskipun Yamaha dan Kawasaki sudah berusaha sangat keras. Namun, itu semua belum cukup untuk melawan kedigdayaan Ducati di World Superbike. 

Masalah regulasi masih menjadi alasan kenapa dominasi Ducati sulit untuk dibendung. Hal inilah yang menjadi sorotan dari Team Manager HRC Team SBK – Leon Camier. Menurut Camier, masalah bermula ketika Ducati membawa sebuah Panigale V4R 2023 dalam kejuaraan.

Harga Panigale V4R 2023 sendiri ditaksir sekitar 43.990 Euro (harga yang dijual ke publik). Padahal, sejauh ini tim lain hanya membawa motor berharga 20.000 Euro. Perbedaan harga inilah yang membuat kekuatan Ducati sangat dominan.

Leon Camier


“Di kejuaraan ini, tidak ada kebebasan seperti di MotoGP, basis kami terdiri dari motor produksi dan Ducati telah membuatnya seharga 44.000 Euro. Secara alami, ini bagus untuk mereka karena memungkinkan mereka untuk menjadi kompetitif, tetapi sejauh mana regulasi ini masih terasa benar untuk memiliki sepeda motor seharga €44.000 bersaing dengan yang lain dengan harga lebih dari €20.000? Dorna menyadari masalahnya, tetapi tidak mudah menemukan keseimbangan. Ini situasi yang kompleks,” kata Camier menjelaskan.

Honda pun disinyalir tidak menutup kemungkinan untuk meninggalkan World Superbike. Karena masalah regulasi yang belum membuat keadilan dimasing-masing tim. Hal yang sejatinya, mulai dirasakan oleh beberapa tim di MotoGP.