Yamaha Resmi Menyuntik Mati YZF-R1

yzf-r1

Bimocorner-kabar mengejutkan datang dari Yamaha, produsen motor asal Jepang ini, telah mengkonfirmasi akan menyuntik mati YZF-R1 untuk selamanya. Apa yang sebenarnya terjadi dengan R1 ?.

Dilansir dari Visordown, Pihak Manajemen Yamaha Eropa mengatakan bahwa mereka ‘tidak sanggup’ lagi untuk mengikuti aturan Euro 5+. Kesulitan ini, memaksa mereka untuk tidak lagi meneruskan project YZF-R1 dimasa mendatang.

Untuk mengawalinya, Yamaha akan mulai menarik penawaran R1 pada tahun 2025. ” Yamaha Motor Group telah mengambil keputusan untuk tidak mengembangkan R1 atau R1M versi EU5+, melainkan berfokus pada strategi bisnis dan produk jangka menengah lainnya yang akan memberikan peluang di masa depan, ”  kata Divisi Yamaha di Inggris.

Selain masalah Euro 5+ yang mencekik, menurunnya minat pasar pada motor bermesin 1000 cc pun juga menjadi faktor Yamaha melakukan suntik mati terhadap R1. Tidak selarasnya biaya pengembangan dengan hasil penjualan, membuat Yamaha menyerah.

Semoga saja, Yamaha masih serius memperhatikan R9. Karena, mungkin inilah satu-satunya cara untuk meneruskan estafet R1 bagi Pabrikan Iwata tersebut.