Pengganti Yamaha R1 Semakin Menguat, Rilis Tahun Depan ?

 

yamaha R9

Bimocorner-pada pekan lalu, Yamaha Eropa memberitahukan tentang pemberhentian produksi massal Yamaha R1 mulai musim ini. Regulasi Euro 5+ yang belum bisa tercapai, membuat Yamaha menyerah. Yang menarik adalah tentang sosok pengganti Yamaha R1 kedepan, yang kabarnya akan dirilis ditahun depan ?.

Dalam konfrensi persnya, Yamaha mengatakan bahwa mereka akan menghentikan produksi Yamaha R1 untuk jalanan umum. Namun, mereka tetap meneruskan project R1 untuk balapan, seperti WSBK ataupun Euro Endurance.

Ini artinya, Yamaha akan mencari pengganti R1 untuk pasar umum. Dan yang paling mendekati adalah Yamaha R9. Motor yang kabarnya akan bermesin 3 silinder ini, dipercaya akan menjadi produk teratas di kelas Sports Full Fairing milik Yamaha.

Yamaha juga tidak perlu repot-repot untuk meracik mesin baru bagi R9, mereka bisa mengaplikasikan mesin dari MT-09 yang sudah menyapa publik lebih awal. Dengan mengurangi kubikasi mesin, membuat Yamaha R9 bisa lebih murah ketimbang R1.

yzf-R9

Disisi lain, meskipun di downgrade dari R1. Namun untuk perfoma mesinnya, Yamaha R9 akan lebih bertenaga ketimbang saingannya seperti Triumph untuk kelas yang sama. Bagaimana dengan desain R9 nantinya ? ada yang memprediksi, kalau nantinya rupa dari R9 akan mirip dengan R1 atau R7.

Yamaha R9 sendiri, sepertinya akan dirilis kalau tidak ditahun ini, mungkin tahun depan, tapi sepertinya lebih condong untuk tahun depan. Layak untuk dinanti, bagaimana kiprah R9 nantinya.