KTM Menolak Usulan Ducati Terkait Mesin Hybrid Untuk MotoGP

 

Sebastian-risse

Bimocorner-Sebelumnya, salah satu petinggi Ducati Corse : Gigi Dall'Igna memberikan usulan untuk MotoGP bisa menggunakan mesin hybrid dimasa mendatang.

Namun usulan ini, segera mendapatkan pertentangan dari rekan sesama pabrikan. Salah satunya adalah dari Direktur Teknis KTM MotoGP, Sebastian Risse.

Menurut Risse, penggunaan Hybrid pada MotoGP bakal menambah beban finansial bagi tim. Dan ini sebenarnya sudah terjadi pada Formula 1.

"KTM sangat tidak tertarik dengan Hybrid, karena sistem seperti itu tidak digunakan dalam pengembangan seri dan konsep semacam itu sangat mahal," kata Risse seperti dikutip dari speedweek.

Lalu sebenarnya seberapa besar sih penggunaan Hybrid berdampak kepada finansial tim ? Jika menilik pada Formula 1, penggunaan mesin turbo-hybrid menyedot dana 3 kali lipat lebih besar ketimbang mesin ICE pada umumnya.

Artikel Terkait : Gudang Ide Ducati Sarankan MotoGP Menerapkan Teknologi Hybrid

KTM sendiri lebih memilih program Bio Fuel yang dari Dorna, ketimbang hybrid seperti yang diusulkan oleh Ducati. Jika tujuan awalnya adalah untuk mengurangi emisi karbon lebih tinggi.

Artikel Terkait : Polemik Keputusan Biofuel Untuk MotoGP